Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika Tahun Pelajaran 2010/2011

Download Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam file doc silahkan klik disini

SALINAN LAMPIRAN  PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 2 TAHUN  2011 TANGGAL 17 JANUARI 2011

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) TAHUN PELAJARAN 2010/2011

A. Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI

2. MATEMATIKA SD/MI

No. Standar Kompetensi 

Lulusan

Kemampuan yang Diukur Indikator
1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.
Menentukan hasil operasi hitung bilangan pecahan dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan biasa dan campuran.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan desimal.
Siswa dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan campuran.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung (tambah dan kurang) bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal).
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persen. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan persen.
Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Siswa dapat menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan KPK.
Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB). Siswa dapat menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan FPB.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perbandingan.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perhitungan skala.
Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua.
Siswa dapat menghitung panjang sisi persegi jika diketahui luasnya.
2. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Menentukan hasil operasi  hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecahan masalah sehari- hari. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua satuan waktu yang berbeda.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada tiga satuan panjang yang berbeda.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari tiga satuan berat yang berbeda.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan luas yang berbeda.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan volume yang berbeda.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
3. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta 

dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari- hari.

Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi bangun datar. Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui.
Siswa dapat menentukan banyak sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat putaran yang ditentukan.
Siswa dapat menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan.
Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar. Siswa dapat menentukan keliling dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
Siswa dapat menentukan luas dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.
Menentukan bentuk jaring-jaring bangun ruang. Siswa dapat menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok.
Menentukan volume bangun ruang. Siswa dapat menentukan volume dari bangun ruang sisi datar (balok atau kubus) yang disajikan gambar beserta ukurannya.
Menentukan luas permukaan dari bangun ruang. Siswa dapat menentukan luas permukaan dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dari gambar yang diberikan.
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang berhubungan dengan sifat bangun datar. Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan.
5. Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel dan grafik, mengurutkan data, menghitung rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan Diagram lingkaran. Siswa dapat menentukan bagian data (terbanyak, terendah, selisih) yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang 

disajikan.

Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan.

Download Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam file doc silahkan klik disini

——————————–
Sumber : BSNP

Tulisan Terkait :

2. MATEMATIKA SD/MI

No.

Standar Kompetensi

Lulusan

Kemampuan yang Diukur

Indikator

1.

Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran pada bilangan bulat.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian dan pembagian pada bilangan cacah.

Menentukan hasil operasi hitung bilangan pecahan dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan biasa dan campuran.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pecahan desimal.

Siswa dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan biasa dan campuran.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung (tambah dan kurang) bilangan pecahan (biasa, campuran, dan desimal).

Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persen.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan persen.

Menyelesaikan masalah yang menggunakan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).

Siswa dapat menentukan nilai KPK dari tiga bilangan dua angka.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan KPK.

Menyelesaikan masalah yang menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB).

Siswa dapat menentukan nilai FPB dari tiga bilangan dua angka.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan FPB.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan skala.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perbandingan.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang menggunakan perhitungan skala.

Menentukan hasil operasi hitung dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan akar pangkat dua dan pangkat dua.

Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua.

Siswa dapat menghitung panjang sisi persegi jika diketahui luasnya.

2.

Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.

Menentukan hasil operasi hitung yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang, berat, luas, volume dalam pemecahan masalah sehari- hari.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan atau pengurangan pada dua satuan waktu yang berbeda.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pada tiga satuan panjang yang berbeda.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari tiga satuan berat yang berbeda.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan luas yang berbeda.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung dari dua satuan volume yang berbeda.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.

3.

Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta

dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari- hari.

Menentukan sifat dan unsur bangun geometri dua dimensi atau tiga dimensi serta menentukan hasil transformasi bangun datar.

Siswa dapat menentukan nama suatu bangun datar berdasarkan sifat-sifat bangun yang diketahui.

Siswa dapat menentukan banyak sisi atau titik sudut dari suatu gambar bangun ruang yang disajikan.

Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.

Siswa dapat menentukan hasil bayangan dari rotasi bangun datar dengan pusat putaran yang ditentukan.

Siswa dapat menentukan sumbu simetri lipat dari gambar bangun datar yang disajikan.

Menentukan luas dan keliling serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar.

Siswa dapat menentukan keliling dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar.

Siswa dapat menentukan luas dari gabungan dua bangun datar yang disajikan gambar beserta ukurannya.

Menentukan bentuk jaring-jaring bangun ruang.

Siswa dapat menentukan bentuk jaring-jaring kubus atau balok.

Menentukan volume bangun ruang.

Siswa dapat menentukan volume dari bangun ruang sisi datar (balok atau kubus) yang disajikan gambar beserta ukurannya.

Menentukan luas permukaan dari bangun ruang.

Siswa dapat menentukan luas permukaan dari gabungan dua bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dari gambar yang diberikan.

4.

Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan letak titik pada bidang koordinat yang berhubungan dengan sifat bangun datar.

Siswa dapat menentukan nama bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan.

5.

Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel dan grafik, mengurutkan data, menghitung rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.

Membaca dan menafsirkan unsur dalam diagram batang dan Diagram lingkaran.

Siswa dapat menentukan bagian data (terbanyak, terendah, selisih) yang disajikan dalam bentuk diagram batang.

Siswa dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari gambar diagram lingkaran yang

disajikan.

Menghitung nilai rata-rata dan modus yang berkaitan dengan pemecahan masalah.

Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang disediakan.

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan modus dari sekumpulan data yang disediakan.

 

About these ads

4 Tanggapan

  1. ada SKL Bahasa Inggris Sd/MI ga yaa?

  2. hhhmmmm ada kisi” apa aja

    betul ga ini kisi” nya ???

  3. ko cuma segitu kisi” nya

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 237 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: