Lomba Penulisan Pengalaman Terbaik (Best Practice) Guru Tahun 2011

Lomba Penulisan Pengalaman Terbaik (Best Practice) Guru Tahun 2011

Latar Belakang
Berdasarkan peraturan-peraturan yang telah ada dalam peningkatan mutu dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan, guru wajib melaksanakan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dapat terdiri atas kegiatan (a) pengembangan diri, (b) publikasi ilmiah, dan (c) karya inovatif.
Publikasi ilmiah, di antaranya dapat berupa tinjauan ilmiah di bidang pembelajaran. Isi dari publikasi llmiah tersebut, dapat berupa laporan dan pengalaman-pengalaman terbaik yang telah dilakukan oleh para guru dalam melaksanakan tugasnya.
Bila pengalaman terbaik tersebut dipublikasikan, maka akan dapat menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi guru yang lain, dan sekaligus juga merupakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan guru yang menulis.
Guna meningkatkan kemauan guru dalam mempublikasikan pengalaman terbaiknya, maka diadakanlah kegiatan penulisan Best Practice Guru Tulisan Pengalaman Terbaik (Best Practice) guru adalah tulisan yang dibuat guru yang berisi laporan uraian pengalaman nyata guru dalam memecahkan berbagal masalah pelaksanaan pombelajaran dan/atau masalah pengelolaan yang ada di kelas (bagi guru) atau di satuan pendidikan (bagi kepala sekolah).

Kerangka Penulisan

  1. Best Practice guru diketik dengan menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, di atas kertas ukuran A4 70 gr, tidak bolak-balik. Jumlah halaman minimal 12 dan maksimal 50 (tidak termasuk bab awal dan lampiran)
  2. Jarak pengetikan bagian atas 3,0 cm dan bawah 2,5 cm, bagian tepi kiri 3,0cm dan kanan 2,5 cm.
  3. Naskah dibendel rapi dengan menggunakan sampul berwarna biru muda.
  4. Kerangka isi penulisan diatur sebagai berikut. (a) Bagian Awal terdiri atas halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran (bila ada); serta abstrak atau ringkasan. (b) Bagian Isi terdiri atas Bab Pendahuluan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat; Bab Kajian/ Tinjauan Pustaka berisi keterkaitan antara permasalahan yang dihadapi dengan berbagal teori, hasil-hasil penelitian, atau pengalaman-pengalaman terdahulu sebagai dasar teoretis terhadap apa yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan permasalahannya; Bab Pembahasan Masalah menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah yang dituangkan secara rinci. Hal yang sangat perlu disajikan pada bab ini adalah keaslian dan kejelasan ide/gagasan terkalt dengan upaya pemecahan masalah di kelas atau satuan pendidikannya. Uraian ini merupakan inti tulisan Best Practice; Bab Simpulan dan Saran berisi uraian tentang hal-hal yang dapat dipetik sarinya dari pengalaman berharga tersebut. SimpuIan diikuti dengan saran atau rekomendasi terhadap pihak terkait. (C) Bagian Penunjang berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang semua data yang dipakai untuk menunjang tulisan tersebut.

Penulisan Best Practice

  1. Peserta kegiatan ini adalah guru atau kepala sekolah dari jenjang SMA/SMK/ SMLB.
  2. Penulisan laporan Best Practice dilakukan perseorangan.
  3. Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia:
  • Laporan tertulis sebanyak 2 (dua) eksemplar.
  • Naskah sajian (print-out) presentasi yang berupa tayangan PowerPoint, dengan jumlah slide sekitar 10 – 20 buah, untuk presentasi yang akan dilakukan selama 15 menit.
  • CD yang berisi laporan lengkap dalam format Microsoft Word, dan juga berisi naskah presentasi dalam Format Microsoft PowerPoint.

Penilaian
Penilaian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan penilaian administratif dan substansi tulisan. Peserta yang lolos tahap seleksi ini diundang melakukan presentasi di Jakarta. Tahap kedua dilakukan penilaian berdasarkan substansi tulisan, orisinalitas dan hasil presentasi.

Penghargaan
Penulis dan penyaji terbaik pada kegiatan Pengalaman Terbaik (Best Practice) akan memperoleh hadiah yang berupa uang pembinaan, sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya.

Pengiriman Laporan Best Practice
Laporan yang telah selesai (dan telah mendapat pengesahan) beserta CD dikirim ke panitia paling lambat 31 Agustus 2011.

PANITIA PENULISAN BEST PRACTICE
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat PPTK Pendidikan Menengah Ditjen Pendidikan Menengah
Kemendiknas Gedung D Lantai 12, Jalan Jenderal Sudirman,
Pintu 1 Senayan. Jakarta 10270 Teip. 021-57974108 (jam kerja)

————–
Sumber : Kemendiknas

About these ads

6 Tanggapan

  1. coba–coba ah …

    • semoga sukses bu…

    • pak, saya dpt undangan utk deseminasi best practice … lihat pengumuman finalisnya dimana ? mksih

      >>> wah selamat ya bu…, semoga sukses. Untuk pengumuman finalis kok belum ada ya di situs kemdiknas, mungkin menghubungi saja via telepon untuk memastikannya. Oke

  2. Semoga ALLAH SWT bisa mendengarkan hati kecil ini, Amin.

  3. pengumuman finalisnya kapan ?

  4. salam sejahtera dalam mengindonesiakan Indonesia

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 238 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: