Surat Edaran Pendaftaran Sertifikasi Guru Tahun 2012 (Kabupaten Sleman)

Sertifikasi Guru 2012

Surat Edaran Pendaftaran Sertifikasi Guru Tahun 2012(Kabupaten Sleman) dikeluarkan di Sleman bertanggal 11 November 2011, bernomor 841/4694 perihal Validasi dan pendaftaran Bakal Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2012. Ditujukan kepada Kepala UPT Yandik Kecamatan, Kepala SD/SMP/SMA/SMK, dan Ketua IGTKI di Sleman

Berikut ini isi  edaran tersebut yang sangat penting untuk segera diketahui oleh teman-teman guru khusunya di Kabupaten Sleman, dan umumnya untuk semua guru yang memerlukan informasi mengenai Sertifikasi Guru Tahun 2012 :

——————————————————

Sehubungan dengan proses sertifikasi guru tahun 2012, kami harapkan Kepala Sekolah segera melakukan validasi perankingan bakal calon sertifikasi dari Kementerian Pendidikan  dan     Kebudayaan     sebagaimana     terlampir,     yang     dimunculkan     di www.sergur.pusbangprodik.org/index.php?pg=listview pada 26 Oktober 2011, sekaligus mendaftarkan guru sesuai persyaratan, baik yang tercantum dalam daftar ataupun tidak, untuk diperbaharui (update) dalam sistem online oleh dinas.

Adapun informasi dan persyaratan sertifikasi guru untuk tahun 2012 yaitu:

A.       Informasi Umum

1. Kuota Kabupaten Sleman tahun 2012 yaitu sebanyak 1410 guru (termasuk kuota untuk guru SLB), dimana 1% kuota adalah untuk jalur portofolio (PF) yaitu 14 guru, selebihnya adalah kuota untuk jalur PLPG.

2. Kuota tidak lagi dikelompokan berdasarkan jenjang/tingkat satuan pendidikannya, akan tetapi secara umum diranking mulai dari usia, masa kerja, dan golongan.

3. Bagi peserta yang akan memilih jalur portofolio diharap untuk berkonsultasi ke dinas terlebih dahulu.

4. Seluruh peserta yang masuk dalam jalur PLPG wajib mengikuti uji kompetensi awal sebelum mengikuti PLPG dengan waktu yang akan ditentukan kemudian.

B.   Persyaratan Peserta

1. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).

2. Guru tetap PNS/GTY yang belum bersertifikat pendidik dan masih aktif mengajar di  sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kecuali guru agama melalui Kementerian Agama.

3. Kode S1: Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan, yang   sesuai/linier  dengan  bidang  studi  yang  diampu  (per  1  Januari  2012). Jika ijasah S1 tidak sesuai/linier, maka:

a. Dapat menggunakan program studi D-III (bagi yang memiliki).

b.  Serumpun dengan program studi S-1 dan D-III.

c. Atau sudah mengampu bidang studi tersebut selama lima tahun atau lebih.

4.    Kode UMK: Belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV tetapi pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dengan masa kerja minimal 20 tahun sebagai guru.

5.    Kode IV/a: Belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV tetapi pada 1 Januari 2012 sudah mempunyai golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

6.    Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).

7.    Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.

8.    Diusulkan oleh Kepala Sekolah dan tidak sedang mengikuti proses PLPG sertifikasi guru tahun 2011.

Bagi guru yang tercantum dalam daftar perankingan bakal calon sertifikasi dari Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  akan  tetapi  tidak  memenuhi  syarat,  harus divalidasi oleh kepala sekolah. Seperti jika sudah Lulus Sertifikasi/ Guru Agama/ Pensiun/ Meninggal/ Bukan Guru/ atau Status Guru Tetap PNS-GTY/Usia/Masa Kerja/Pendidikan yang tidak sesuai. Format validasi dibuat seperti daftar terlampir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

Bagi  guru  sesuai  persyaratan  yang  akan  mendaftar  menjadi  calon  peserta sertifikasi  kabupaten  Sleman  tahun  2012  terlebih  dahulu  harus  mengisi  Formulir Penjaringan   Data   Calon   Peserta   Sertifikasi   2012   yang   di-Link   dalam   website www.disdiksleman.org  yang    sedianya    ditutup    pada   tanggal    23    Oktober    2011, diperpanjang  sampai  dengan  tanggal  17  November  2011  pukul  00.00  WIB  untuk mengakomodir guru yang belum mengisi formulir online. Setelah mengisi formulir online, guru diminta untuk menyerahkan berkas sesuai urutan dan ketentuan terlampir atau dapat diunduh (upload) di website dinas.

Bagi guru sesuai persyaratan yang mengundurkan diri dari proses sertifikasi tahun 2012 tetap  mengumpulkan  formulir  dilampiri  surat  pernyataan/keterangan  yang  berisi alasan pengunduran diri ditandatangani oleh guru bersangkutan dan Kepala Sekolah.

Demikian pemberitahuan kami sampaikan untuk segera ditindaklanjuti.

a.n.   Kepala Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan,

ttd.

Drs. TRI PUJANTORO

NIP 19571025 198401 1 002

—————————–
Sumber : disdiksleman.org

Tulisan Terkait :

About these ads

Satu Tanggapan

  1. [...] Surat Edaran Pendaftaran Sertifikasi Guru Tahun 2012 (Kabupaten Sleman) [...]

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 237 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: