Kisi-Kisi (SKL) Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan Bahasa Mandarin Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013

Berikut saya sajikan Kisi-kisi (SKL) Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan Bahasa Mandarin Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013 ( Tahun pelajaran 2012/2013), untuk mengunduhnya silahkan klik disini. Semoga bermanfaat.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA Program Bahasa (Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan Bahasa Mandarin) Tahun 2013

1. BAHASA ARAB SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Membaca

Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana, gambar, ataupun denah yang berkaitan dengan identitas diri,

kehidupan sekolah, keluarga, kegiatan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan, dan layanan umum.

Menentukan informasi tersurat dan tersirat dari bacaan sederhana yang dipaparkan.
Menentukan arti kosakata dalam teks bacaan.
Menentukan judul dan pokok pikiran dalam bacaan sederhana.
Menentukan sinonim dan antonim kosakata sesuai konteks kalimat.
Menentukan gambar yang sesuai dengan pernyataan yang diberikan.
Menentukan pernyataan yang sesuai dengan gambar yang disajikan.
Menentukan posisi kalimat (mubtada, khabar, fi’il, fa’il, maf’ulbih).
2. Menulis

Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana, gambar, ataupun denah yang yang berkaitan dengan identitas diri, kehidupan sekolah, keluarga, kegiatan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan, dan layanan umum.

Menggunakan ungkapan, kalimat secara tepat dan komunikatif yang mengandung huruf jarr, isim isyarah, kalimat istifham, isim mufrad/mutsanna/jama’ , fi’il madhi, mudhari dan amr, isim tafdhil, dhorof, na’at, dhomir muttasil- munfashil.
Menyusun struktur/ pola kalimat yang tepat dan komunikatif dari suatu kalimat yang disajikan secara acak.
Menggunakan ungkapan rasa senang dalam percakapan sederhana.
Menggunakan ungkapan kekaguman (Ta’ajub) dalam percakapan sederhana.
Melengkapi kalimat yang disajikan secara rumpang.

2. BAHASA JEPANG SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Membaca

Memahami berbagai kalimat dan ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata, kesehatan dan cita-cita yang ditulis

dalam huruf kana (hiragana, katakana)

dan beberapa huruf kanji.

Menentukan informasi dari wacana.
Menentukan makna kata sesua konteks.
Menentukan tema wacana.
Menentukan simpulan dari wacana.
Menentukan arti kata yang ditulis dengan huruf kanji.
Menentukan kata yang ditulis dengan huruf hiragana dari kata yang ditulis dengan huruf kanji.
2. Menulis

Mengungkapkan pendapat, perasaan/pikiran dan informasi secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosakata dan struktur pada kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata, kesehatan dan cita-cita yang ditulis dalam huruf kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.

Melengkapi kalimat dengan kata kerja, kata bilangan, kata sifat, kata tanya, kata keterangan, kata benda, kata sambung, kata tunjuk, kata bantu yang tepat sesuai konteks.
Menentukan kalimat yang sesuai kontesksnya.
Melengkapi kalimat dengan ungkapan komunikatif.
Menyusun beberapa  kalimat menjadi sebuah wacana sesuai konteks.
Menentukan pernyataan sesuai gambar.
Menentukan huruf kanji dari kata yang ditulis huruf hiragana.

3. BAHASA JERMAN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Membaca

Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobby dan waktu senggang, wisata, layanan umum dan pekerjaan.

Menentukan bentuk atau tema wacana.
Menentukan informasi tertentu dan atau rinci dari wacana.
Menentukan makna kata, frasa atau kalimat sesuai konteks.
2. Menulis

Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan  ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,

hobby dan waktu senggang,

pekerjaan, wisata dan layanan umum.

Melengkapi surat dengan kosa kata, ujaran/ungkapan komunikatif dan atau pola kalimat yang tepat sesuai konteks.

4. BAHASA PRANCIS SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Membaca

Siswa mampu memahami berbagai ragam wacana sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog, tabel, gambar, denah, grafik, tentang identitas diri, kehidupan sekolah,

hobi, kegiatan sehari-hari, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata dan layanan umum.

Menentukan informasi tersurat atau tersirat dari sebuah wacana tulis/tabel/gambar.
Menentukan sinonim/antonim dari kata yang diberikan berdasarkan konteks.
2. Menulis

Siswa mampu mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat yang tepat, tentang identitas diri, kehidupan sekolah, hobi, kegiatan sehari-hari, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata dan layanan umum.

Menentukan gambar yang sesuai dengan kalimat yang menyatakan keadaan suatu benda, seseorang atau peristiwa.
Menentukan kalimat yang sesuai dengan gambar yang diberikan.
Melengkapi percakapan dengan ungkapan komunikatif.
Menentukan ungkapan yang menyatakan jumlah/kuantitas.
Melengkapi percakapan dengan kalimat negatif/interogatif.
Melengkapi percakapan dengan ungkapan yang menyatakan kala.
Menentukan struktur yang tepat dalam suatu kalimat/paragraf/percakapan.
Menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang padu.

5. BAHASA MANDARIN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Membaca

Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kegemaran, wisata, pekerjaan.

Menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan tema wacana.
Menentukan jawaban yang tepat sesuai dengan isi wacana.
2. Menulis

Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan kosakata, ungkapan komunikatif dan struktur/pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan dan layanan umum.

Menentukan bihua dan bushou dalam penulisan aksara Han/Hanzi.
Menentukan kata benda, kata kerja, kata sifat, kata bantu bilangan, kata ganti, kata bilangan, keterangan waktu, kata bantu tanya dan kata sambung yang tepat sesuai tema atau gambar yang disajikan.
Menentukan ejaan bunyi bahasa Mandarin (Hanyu pinyin).
Menentukan kalimat yang tepat sesuai dengan kaidah struktur bahasa Mandarin.

————————————-
sumber: BSNP

About these ads

Satu Tanggapan

  1. [...] Kisi-Kisi (SKL) Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis dan Bahasa Mandarin Ujian … [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 234 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: