Pengenalan dan Pencegahan Terhadap Flu Baru H1N1

Cara penularan flu baru H1N1

Cara penularan flu baru H1N1 sama dengan flu musiman, cara penularannya terutama adalah melalui udara dan bersentuhan, pada umumnya bagi orang dewasa sehari sebelum gejala muncul sampai dengan 7 hari sesudah terjangkit flu jenis ini adalah mempunyai daya menular, tetapi bagi pasien yang telah terjangkit dalam beberapa kurun waktu, juga tidak dapat mengabaikan bahwa penularan virus masih dapat terjadi. Umumnya masa penularan dari anak yang terkena flu adalah lebih panjang daripada orang dewasa.

Gejala dari pada flu baru H1N1

Gejala daripada orang yang tertular flu baru H1N1 adalah sama dengan gejala flu biasa, termasuk demam, batuk, tenggorokan sakit, seluruh badan pegal linu, kepala sakit, merinding dan letih, kemungkinan ada yang timbul gejala mencret dan muntah.

Cara memastikan apakah telah tertular flu baru H1N1

Dengan gejala-gejala yang ada tidak dapat menentukan apakah telah terjangkit flu jenis baru H1N1, sehingga harus mengumpulkan sampel untuk diperiksa lebih lanjut. Bila anda pernah berwisata, pernah bersentuhan dan gejala-gejala yang disangsikan, maka disarankan segera berobat dan memberitahukan dokter tentang pengalaman berwisata dan sejarah persentuhan.

Cara pencegahan untuk perorangan

· Jauhi sumber penularan: hindari pergi ke daerah yang sedang timbul flu jenis baru .

· Perhatikan kebersihan pribadi: rajin mencuci tangan, biasakan menjaga kebershan yang baik

· Perhatikan perawatan kesehatan pribadi: olah raga yang teratur, makanan yang seimbang.

Bila terjadi gejala pada saluran pernafasan, harus memperhatikan kebersihan saluran pernafasan dan sopan santun saat batuk

· Bila batuk atau timbul gejala pada saluran pernafasan harus memakai masker, bila masker terkena ingus dan dahak, harus segera diganti dan dibuang ke tong sampah.

· Saat bersin, mulut harus ditutup dengan tissue atau sapu tangan, bila saat tidak ada tissue atau sapu tangan, dapat diganti dengan lengan baju.

· Bila terdapat gejala pada saluran pernafasan maka saat berbicara dengan orang lain, sebaiknya usahakan berdiri dengan jarak lebih dari 2 meter.

· Saat tangan bersentuhan dengan ingus, harus segera mencuci tangan dengan seksama.

· Pada saat sakit usahakan istirahat di rumah, usahakan hindari keluar rumah kecuali pergi berobat.

Bila tidak dapat menghindari untuk bepergian ke daerah yang sedang musim flu jenis baru H1 N1

Selama berada di luar negeri, harus memperhatikan hal-hal sbb.:

· Hindari bepergian ke tempat yang orangnya banyak, dan ke rumah sakit untuk membesuk orang sakit .

· Perhatikan kebersihan perorangan, biasakan kebiasaan mencuci tangan dengan rajin , bila tidak dapat mencuci tangan, dapat menggunakan cairan alkohol yang berkadar di atas 60% .

· Bila masih dalam perjalanan, timbul gejala demam yang mirip dengan gejala flu baru H1N1, harus memakai masker dan usahakan berobat secepat mungkin, bila sebagai peserta yang mengikuti tour, demi kelancaran pengobatan dan pelaporan, mohon memberitahukan pemandu wisata.

Bila kembali dari daerah yang sedang terjangkit flu jenis baru H 1 N 1:

· Bila dalam perjalanan timbul perasaan tidak enak badan, setiba di bandara mohon mengisi formulir "tabel pemeriksaan pencegahan penyakit menular", dan sampaikan kepada petugas pemeriksaan penyakit menular di bandara (khusus untuk bandara di Taiwan).

· Setelah kembali dari daerah yang. sedang terjangkit flu jenis baru H1N1, mohon setiap pagi dan malam mengukur suhu badan, dan mengawasi kondisi kesehatan pribadi selama 7 hari.

· Apabila ada timbul gejala yang mirip dengan flu baru H1N1, segera mengenakan masker, lapor ke Departemen Kesehatan untuk mendapat perawatan lebih lanjut, dan sampaikan kepada dokter :

a. Gejala-gejala

b. Sejarah perjalanan

c. Apakah pernah bersentuhan dengan orang yang disangsikan sebagai atau yang positif mengidap flu baru H1N1 dalam jarak dekat.

Informasi di atas didapat dari Council Labor Affairs Taiwan

Sumber : Lembaran “Sekilas Info” Radio Taiwan International, dalam lembaran aslinya dibagian bawah artikel terdapat tulisan “Jagalah Kesehatan! Radio taiwan International Peduli dengan anda!” . Untuk informasi lebih lanjut mengenai Radio Taiwan International dapat berkunjung kesini

%d blogger menyukai ini: