Internet Murah Dengan Koneksi GPRS

Internet Murah adalah dambaan semua mahluk modern dimuka bumi ini, ketika komunikasi konvensional sudah tidak lagi mampu mengakomodir kebutuhan manusia masa ini, internet menawarkan segalanya. Kebutuhan akan informasi yang up to date, komunikasi yang cepat, murah, efektif, efisien, dan menjangkau kawasan dimanapun dimuka bumi ini, dan mampu menghantarkan tidak hanya sepatah kata tapi berjuta kata sekalipun, lengkap dengan gambar, suara bahkan video. Internet memberikan solusi untuk semua kebutuhan itu.

Sebagai bagian dari komunitas modern yang sok tahu, aku mencoba mengoneksikan diriku dengan internet melalui jaringan yang berserabutan diatmosfir tempat tinggalku. Sebenarnya ini adalah salah satu "mimpi yang menjadi kenyataan" , bagaimana tidak, jaman dulu waktu baru mengenal internet, membayangkan akan punya koneksi sendiri dirumah adalah hal yang teramat jauh, bukan hanya karena letak geografisku yang nun jauh disana, tapi juga karena teknologi saat itu masih terasa mahal untuk mewujudkannya, jaringan yang tersedia juga masih terbatas belum seramai sekarang ini. Saat itu layanan internet masih merupakan barang mahal dan highclass. Tapi seiring dengan semilirnya angin perubahan, kemajuan teknologi dan perkembangan layanan seluler yang cepat, kini internet bukan lagi sesuatu yang "menggantung diatas awan" tapi menjadi sesuatu yang "menggantung didahan ceplukan" – dekat dan mudah diakses, yang juga berarti murah meriah.

Pada mulanya dengan hape CDMA Nokia 6016i sebagai modem dan kartu prabayar Flexi, aku mencoba koneksi ke internet melalui jaringan CDMA 2000 1X, tapi percobaan pertama ini tidak berjalan mulus, setiap kali berhasil connect sebentar kemudian putus, dan untuk tersambung kembali harus merestart hape dulu, kondisi ini kemungkinan disebabkan modem hape Nokia 6016i yang saya beli second tersebut sudah tidak fit keadaannya. Setelah percobaan tersebut saya berganti mencoba koneksi dengan hape GSM Sony Ericsson K310i sebagai modem dan kartu prabayar XL. Sayangnya percobaan ini terkendala sinyal XL yang timbul tenggelam dan tarif yang lumayan mahal saat itu Rp10/kb. Akhirnya percobaan koneksi ke dunia maya tersebut saya akhiri dengan mencoba menggunakan layanan GPRS kartu prabayar IM3.

Koneksi GPRS IM3 dari Indosat tarifnya lumayan murah dibanding dengan provider lain, yaitu Rp1/kb. Dengan tipe Volume Based, biaya koneksi dihitung dari besarnya data yang kita transfer dari dan ke komputer kita, bukan dari lamanya kita terkoneksi (time based). Dengan sedikit pengaturan, maka koneksi murah meriah dapat aku rasakan. Sayangnya semua yang berharga murah kualitasnya cenderung tidak bagus, benarkah? jawabnya : Tidak selalu, tapi dalam konteks internet murah IM3 ini hal itu ada benarnya juga. Dengan koneksi volume based Rp1/kb, kecepatan yang seharusnya untuk GPRS adalah 115,2 kbps, tapi dalam kenyataan jauh dari itu, terkadang untuk mendownload email sebesar 150 kb bisa membutuhkan waktu 50 detik! bagaimana jika akan mendownload update antivirus 2 mb?
Kemungkinan hal ini karena kekuatan sinyal yang tidak penuh, di wilayahku hanya 3-4 bar saja, diluar wilayah ketika sinyal kuat koneksi bisa lebih cepat, demikian juga dengan GPRS XL juga demikian. Untuk layanan seluler yang lain Simpati dari Telkomsel misalnya, belum berhasil terkoneksi, sebenarnya tertarik dengan promo GPRS nya yang murah tapi beberapa kali berusaha setting belum berhasil. Tertarik mencoba layanan Telkomsel ini karena sinyal cukup kuat dan sudah ada teman satu wilayah yang koneksi dengan GPRS Simpati, hasilnya lumayan cepat dan stabil. Sementara untuk layanan seluler lainnya aku belum mencobanya lagi, dengan berbagai alasan, antara lain : sinyal tidak ada/tidak kuat, biaya koneksi mahal, dan belum ada promo yang menantang… (baca murah :)).

Dijaman HSDPA atau High Speed Downlink Packet Access atau 3,5G yang secara teori dapat mencapai kecepatan 3,6 Mbps ini aku masih berkutat di teknologi GPRS, tentu karena alasan klasik : perangkat 3,5Gnya belum punya, sinyal 3G dan 3,5G juga masih langka diwilayah tempat tinggalku. Seandainya kendala itu teratasi tentu pengalaman berinternet akan lebih kaya dari sebelumnya.

"Tak ada rotan akar pun jadi" itu peribahasa yang tepat untuk menggambarkan semangat berinternet murah ini, jika teknologi 3G ataupun HSDPA belum terjangkau ya GPRS plus sabar pun jadilah…

15 Tanggapan

  1. hp ku sudah HSDP, 3G tapi sinyalnya gak ada yang bisa diandelin. im3 aja berkelap-kelip 3G gak nyampe.. pake three gimana ya?

    • Ya iyalah… ūüôā wilayah nan asri dan sejuk di kerimbunan pohon-pohon nan hijau biasanya memang langka sinyal… hehehe tapi bersyukurlah kalau GPRS masih ada meskipun tidak stabil, 3G dan HSDPA-nya dipakai kalau di kantor saja. Three belum pernah pakai je, kalau M2 katanya juga tidak kuat disana, tapi kalau Starone katanya bagus, masalahnya mesti tambah modem lagi yang support CDMA… mau, mau, mau?

  2. Salam Blogger! Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di http://www.infoGue.com

    http://internet-web.infogue.com/internet_murah_dengan_koneksi_gprs

  3. @rip = mendingan pakai m3 bro.. beli yang voucher internet 5rb bisa internetan 4jeman bro,. gw da make.. kenceng lagi lumayan koneksinya… hihihi.. kalo 3 mahal banget bro, uda lambat lagi.. 1 hari cuma dapet gratis 1mb, buat buka apa 1mb? wkkwka kgk puas! kalo lewat 1mb, dikenai 1kb nya 10 perak.. mahal banget.. kalo lewat 1 mb pulsa kepotong 10rb.. maw cepet kaya apa 3? akwkkaw.. mendingan pake m3 aja bos.. hehe..

  4. internet emang perlu. bagi kalangan tertentu menjadi kebutuhan penting. Bagi yang lainnya agak penting. saya bersyukur bisa membeli salah satu merk HPdengan kartunyaCDMA seperti diiklan HP tersebut promosi Gratis 6 bulan untuk internetan.saya bisa memikmatinya 6 bulan secara gratis. udah habis garansi saya beli fulsa yang Rp 10.000. atau Rp 5.000,-. dan saya bisa menikmati internet 24 jam alias fullday Cuma 3.000 perak/hari. bagi oarang kurang mampu seperti saya. internet murah seperti ini membantu saya mendonload buku-buku pelajaran membaca puluhan koran/majalah. Pokonya hiduplah internet murah. semoga kita makin kaya informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

    • terimakasih mas Wawan, wah.. setuju sekali untuk guru dan pelajar internet murah adalah hal yang penting, bukan hanya gaungnya yang membahana tapi tak terjangkau.. sama saja bohong dong..
      pakai Smart ya mas?
      aku pengin juga pake itu tapi sayang pernah dicoba milik teman eeee… sinyalnya cuma 1-2 bar saja.. jadi untuk internetan ndak maksimal

  5. Memang benar.ternyata Hp tersebut amat bergantung pada lokasi tempat .Kalau di cimahi lumayan sampai 4 bar.
    http://sobat-kita.blogspot.com
    http://wanrusmawan07.wordpress.com/

  6. Saya penguna telkomsel flash yg berlanganan,hp saya nokia 6120c dan saya jadi kan modem di pc untuk bulan pertama internetan saya sangat bgs akan tetapi bulan kedua dan ketiganya saya slalu mengalami gangguan tdk bs membuka internet(the page can not be display) jikalau sudah bs saya ingin donlot aja sampat 4kb/secon sedangkan kalau biasanya 29kb/secon,saya dah ada kali 23 kali sebulan saya telpon 111(call centre) apa karena telkomsel memberikan awal yg baik saja kale untuk seterusnya Masa bodoh kale.Tolong dong TELKOMSEL jangan NGONDOY….. trima kasih

  7. apakah intrnet indonesia akan masuk kampung

  8. Saling berkunjung mempererat silaturahmi. Salam kenal Sob ūüôā Sukses selalu.

  9. ikut gabung comment kawan. saya selama ini pake smart dg isi pulsa 50rb dapat free internet+telp gratis selama 15 hari. koneksinya tdk mengecewakan walaupun hrs sabar dg speednya…

    • wah bonus yang lumayan ya dari smart, operator emang lagi pada jual murah produk-produknya ni, konsumen dapat imbas positifnya asal nggak tipu-tipu saja dan asal promo..
      sip..

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: