Outlook 2007 Error : “Cannot open the Outlook window”

Hampir 3 minggu Outlook 2007 di compaqku diam membisu. Aktifitas email  dan mengelola kontak dari perangkat lunak Microsoft ini terhenti begitu saja. Penyebabnya adalah : Outlook tidak bisa membuka jendela aplikasi dengan pesan kesalahan “Cannot start Microsoft Outlook. Cannot open the Outlook window.”

Usaha pertolongan pertama sudah aku lakukan mulai dari mengamati update aplikasi kalau-kalau ada yang menyebabkan error, sampai dengan merepair instalasi Outlook. Tapi kedua usaha amatir tersebut kandas ditengah jalan, aku tidak menemukan apapun berkaitan dengan update Outlook yang bisa menjadi petunjuk, dan perjuangan merepair instalasi Outlook juga terkendala pesan error yang intinya proses repair tidak bisa dilanjutkan karena ada kesalahan….

Apakah solusinya instal ulang saja?
Instal ulang memang bisa jadi solusi, tapi itu solusi terakhir yang penuh resiko, karena instal ulang akan menyebabkan data-data yang ada dalam Outlook akan terhapus kecuali sudah dibackup sebelumnya, seperti data inbox/outbox email dan juga data kontak.

Setelah 3 minggu dalam ketidaktahuan, akhirnya solusi datang dengan begitu mudahnya, dari mana lagi kalau bukan dari Google yang serba ada, aku masukkan seluruh kalimat dalam pesan error yang muncul dalam kotak pencarian Google, dan Alhamdulillah di posisi teratas hasil pencarian bertengger link ke tulisan di http://www.msoutlook.info yang menjawab permasalahan error ini. Dijelaskan bahwa kesalahan dengan pesan error “Cannot start Microsoft Outlook. Cannot open the Outlook window” salah satunya dimungkinkan karena kesalahan konfigurasi akibat dari update Office 2007 Service Pack 2. Karena hal tersebut  file konfigurasi jendela navigasi mengalami kerusakan yang mencegah Outlook  bisa dijalankan.

Untuk memulihkan error ini adalah dengan membuka Outlook 2007 dengan cara :

  • Windows Vista dan Windows 7 : klik tombol Start lalu pada kotak “search program and files” ketik outlook.exe /resetnavpane kemudian klik hasil pencarian yang muncul dalam daftar. Outlook akan terbuka dan kembali normal.
  • Windows XP : dengan mengetikkan outlook.exe /resetnavpane dari menu Run.

resetnavpane outlook 2007

Perhatikan cara penulisan yang benar, harus ada spasi diantara outlook.exe dan /resetnavpane

Mudah bukan?
Sebenarnya kebanyakan dari masalah yang kita hadapi berkaitan dengan komputer baik hardware maupun software juga pernah dialami oleh banyak orang dibagian lain bumi ini, jadi solusi dari masalah semacam itu biasanya sudah tersedia di internet, tinggal buka Google lalu berkelanalah mencari bantuan.

————————————–
Sumber referensi : www.msoutlook.info, www.microsoft.com, http://www.google.com
Sumber gambar : screenshot Start menu

9 Tanggapan

  1. itulah salah satu manfaat search enginee. Pengalaman menarik, mudah tp perlu waktu 3 minggu utk menemukan solusinya

    • SKBJepara : sipp betul sekalee, dalam 3 minggu itu hanya trial dan error saja, kalu sejak hari pertama langsung searching mungkin segera teratasi…
      Terimakasih kunjungannya

  2. wew2, sampai sekarang belum pernah menggunakan outlook 😀
    thunderbird ada sudah cukup (itu aja udah gak terlalu paham)
    outlook mesti bayar soalnya kan?

    • outlook mestinya bayar ya, tapi ni baru bisa pakai yang ndak bayar. thunderbird baru mau coba kalau sukses wah bisa migrasi ni ke yang free… trims kunjungannya

  3. trima kasih bozz…
    search engine itu menuntun saya ke sini… 😀

  4. Trims juga dgn google mengarah ke sini dan langsung beres….

  5. maksih banyak ya,wih jadi kelar nih masalah aku,thanks juga wat om gugel,narik aku lngsung ksini,thanks yuaa

  6. good info,…

  7. terima kasih atas informasinya… sekarang outlook saya bisa di buka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: