Kisi-kisi Ujian Nasional (Standar Kompetensi Lulusan) IPA SMP/MTs Tahun 2011

SALINAN LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 46 TAHUN 2010 TANGGAL 31 DESEMBER 2010

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI

LULUSAN

INDIKATOR
1. Melakukan pengukuran dasar

secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam

kehidupan sehari-hari.

2. Menerapkan konsep zat dan

kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran yang terkait dengan massa

jenis.

Menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian

dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan salah satu besaran yang terkait

dengan kalor dan pengaruhnya pada zat.

3. Menerapkan dasar-dasar

mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengidentifikasi jenis gerak lurus dalam peristiwa

kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan

pada suatu zat.

Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat

dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisika pada usaha atau

energi.

Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana

serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami konsep-konsep

dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari- hari.

Menentukan salah satu besaran fisika pada

getaran atau gelombang.

Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta

pemanfaatannya.

Menentukan berbagai besaran fisika jika benda

diletakkan di depan lensa atau cermin.

Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan

penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Memahami konsep kelistrikan

dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan fenomena listrik statis.
Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk

rangkaian listrik.

Menentukan besarnya energi dan daya listrik

dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan cara pembuatan magnet dan atau

menentukan kutub-kutub yang dihasilkan.

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi

GGL induksi.

6. Memahami sistem tata surya

dan proses yang terjadi di dalamnya.

Menjelaskan karakteristik benda-benda langit

dalam tata surya.

Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat

perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi, atau peredaran bulan.

7. Menjelaskan ciri-ciri dan

keanekaragaman makhluk hidup.

Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
Menentukan dasar pengelompokan makhluk

hidup.

8. Menjelaskan komponen

ekosistem, interaksi antara makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam

ekosistem.

Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi

pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Mengidentifikasi usaha manusia dalam

melestarikan makhluk hidup.

Menjelaskan hubungan antara kepadatan

populasi manusia dengan lingkungan.

9. Menjelaskan hubungan antara

struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan.

Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada

sistem gerak manusia.

Menjelaskan proses pencernaan makanan dan

enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut.

Menjelaskan sistem peredaran darah pada

manusia.

Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ

pada tumbuhan.

Menjelaskan respon tumbuhan terhadap

pengaruh lingkungan luar.

Menjelaskan proses fotosintesis berdasarkan

percobaan tentang proses tersebut.

10. Mengaplikasikan konsep

pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup

untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Menginterpretasikan hasil persilangan

berdasarkan hukum Mendel.

Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat

untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.

Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk

kehidupan.

11. Menjelaskan bahan kimia

(alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotropika, serta pengaruhnya terhadap kesehatan.

Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan)

pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan.

———————-
Tulisan Terkait :
Kisi-kisi Ujian Nasional (Standar Kompetensi Lulusan) Bahasa Indonesia
Kisi-kisi Ujian Nasional (Standar Kompetensi Lulusan) Bahasa Inggris
Kisi-kisi Ujian Nasional (Standar Kompetensi Lulusan) Matematika

%d blogger menyukai ini: