Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2010/2011

Download Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam file doc silahkan klik disini

SALINAN LAMPIRAN  PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 2 TAHUN  2011 TANGGAL 17 JANUARI 2011

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) TAHUN PELAJARAN 2010/2011

A. Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI

1. BAHASA INDONESIA SD/MI

No. Standar KompetensiLulusan Kemampuan yang Diukur Indikator
1. MembacaMembaca berbagai teks non sastra berupa teks sederhana, laporan, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak- anak, dan drama anak- anak. Menentukan isi bacaan. Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
– menjawab pertanyaan yang menggunakan kata tanya apa,
– menjawab pertanyaan yang menggunakan kata tanya bagaimana,
– menjawab pertanyaan yang menggunakan kata tanya di mana,
– menjawab pertanyaan yang menggunakan kata tanya mengapa,
– menyimpulkan isi bacaan.
Menentukan unsur intrinsik dongeng. Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan:
– latar cerita,
– watak salah satu tokoh dalam cerita,
– amanat dalam cerita.
Disajikan cuplikan dongeng, siswa dapat menentukan perbedaan watak dua tokoh dalam dongeng.
Menentukan isi laporan. Disajikan laporan, siswa dapat menentukan topiknya.
Menentukan isi tersurat/tersirat dari rubrik yang dibaca. Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi/pesannya.
Memahami unsur intrinsik puisi. Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat menentukan:
– amanatnya,
– makna salah satu kata dalam puisi.
Menentukan unsur intrinsik drama anak-anak. Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan amanatnya.
Menentukan unsur intrinsik dan makna kalimat cerita anak-anak. Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat:
– menentukan temanya,
– menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita.
Menentukan makna denah. Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat menunjukkan tempat tertentu dengan arah perjalanan yang tepat.
2. MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, kosakata yang bervariasi dan kalimat efektif dalam kehidupan sehari-hari, petunjuk surat, pengumuman dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita anak, puisi, dan pantun, secara terpadu, struktur kalimat yang tepat, ejaan, dan pilihan katanya. Menulis dialog. Disajikan teks dialog yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
Mengisi formulir. Siswa dapat mengisi formulir berdasarkan ilustri yang disajikan.
Menggunakan EYD. Siswa dapat menentukan penulisan kata depan dalam kalimat dengan tepat.
Menyusun kalimat majemuk. Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat.
Menulis petunjuk pemakaian. Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang logis.
Menggunakan sinonim dan antonim. Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat.
Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat.
Menggunakan imbuhan. Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata berimbuhan yang tepat.
Menyusun paragraf. Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah paragraf yang padu.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
Menggunakan EYD. Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan tepat.
Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat.
Menulis/melengkapi pantun. Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat.
Disajikan pantun yang belum lengkap bagian sampirannya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat.
Menyusun kalimat. Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan kalimat lain yang maknanya sama.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menentukan kalimat sesuai dengan gambar tersebut.
Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya menjadi kalimat efektif.
Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa kagum/kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan.
Disajikan paragraf singkat suatu kegiatan, siswa dapat menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isinya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
Menulis pengumuman. Disajikan pengumuman yang dirumpangkan kalimat pertamanya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya menjadi kalimat efektif yang tepat.
Menggunakan/menyunting kata depan. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata depan  yang tepat.
Menulis iklan. Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang tepat.
Menulis teks pidato. Disajikan bagian isi pidato, siswa dapat:
– menentukan kalimat pembuka pidato dengan tepat,
– menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat.
Menulis surat. Siswa dapat melengkapi surat dengan kalimat pembuka surat yang tepat.
Menulis petunjuk pemakaian. Disajikan gambar sebuah produk, siswa dapat menuliskan petunjuk pemakaiannya dengan jelas.
Menuliskan imbuhan. Disajikan kata dasar dalam kalimat, siswa dapat melengkapinya dengan imbuhan yang tepat.
Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat. Disajikan gambar (benda, hewan,tumbuhan) siswa dapat menentukan kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar.
Menyusun laporan. Disajikan data, siswa dapat menulis paragraf laporan singkat sesuai data tersebut.
Menulis ringkasan. Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat ringkasan sesuai isi paragraf.
Mengurutkan gambar seri. Disajikan empat gambar seri secara acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah cerita yang runtut.

Download Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam file doc silahkan klik disini

——————————–
Sumber : BSNP

Tulisan Terkait :

Permendiknas Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Luar Biasa Tahun Pelajaran 2010/2011

8 Tanggapan

  1. matur suwun sanget.

  2. Terim’s ya, infonya sangat-sangat bermanfaat bagi kami SDN 1 Tegalbadeng Timur, Jembrana – Bali

  3. sangat bermanfaat bagi kami SD rahabangga Sulawesi tenggara……. terima kasih….

  4. Trima kasih telah berbagi ilmu, semoga bermanfaat.

  5. Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam file doc silahkan klik disini

    ini bahasa indonesia atau ipa???

    • Trims Mahardika atas ralatnya, iya ada kesalahan penulisan, tapi linknya tetap Bahasa Indonesia kok, segera diperbaiki… trims

  6. terimakasih…… ini sangat bermanfaat bagi adik saya…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: