Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA Tahun Pelajaran 2010/2011

Download Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam file doc silahkan klik disini

SALINAN LAMPIRAN  PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 2 TAHUN  2011 TANGGAL 17 JANUARI 2011

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) TAHUN PELAJARAN 2010/2011

A. Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI

3. ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI

No. Standar Kompetensi 

Lulusan

Kemampuan yang Diukur Indikator
1. Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan 

hewan bagi manusia, dan upaya pelestarian.

Menentukan ciri-ciri khusus makhluk hidup. Disajikan gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa dapat menjelaskan ciri khusus yang ada pada hewan/tumbuhan tersebut.
Menentukan cara menggolongkan makhluk hidup hewan/tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya. Disajikan beberapa nama tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan lain yang termasuk dalam kelompok itu.
Menentukan cara perkembangbiakan hewan/tumbuhan. Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya.
Siswa dapat menentukan ciri-ciri hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya.
Menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan/lingkungan. Siswa dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh hewan/tumbuhan tertentu bagi manusia dan lingkungannya.
Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan bahan tertentu dari hewan/tumbuhan di suatu daerah.
Menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan langka. Siswa dapat menjelaskan pentingnya pelestarian hewan/tumbuhan langka.
2. Memahami bagian tubuh manusia dan tumbuhan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat. Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh manusia. Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar.
Menjelaskan proses dan fungsi pada alat indra, pernapasan, pencernaan dan peredaran darah pada manusia. Disajikan gambar alat indra beserta bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk.
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar.
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi organ atau saluran pencernaan yang ditandai.
Siswa dapat menentukan urutan sirkulasi aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar.
Menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan.
Menjelaskan manfaat zat makanan bagi kesehatan manusia. Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan (gizi) 

bagi kesehatan tubuh manusia.

Menjelaskan jenis-jenis penyakit pada manusia dan cara pencegahannya. Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit menular pada manusia.
3. Memahami saling ketergantungan antar makhluk hidup serta 

cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.

Menentukan berbagai bentuk interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkungannya (rantai makanan, komunitas, dan simbiosis). Siswa dapat menentukan contoh bentuk hubungan antara dua mahluk hidup (salah satu simbiosis).
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu.
Siswa dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu dalam suatu ekosistem.
Menjelaskan bentuk dan fungsi alat tubuh mahluk hidup untuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya. Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk/keadaan tubuh hewan atau tumbuhan tertentu bagi kelangsungan hidupnya.
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu untuk kelangsungan hidupnya.
4. Memahami perubahan wujud benda dan kegunaan, pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari- hari. Menjelaskan berbagai jenis perubahan wujud benda. Siswa dapat menyebutkan contoh perubahan wujud benda tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).
Menjelaskan kegunaan/manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan. Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim).
Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari (pemuaian, pembakaran, pengeringan, dll). Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu pada kegiatan tersebut.
Menjelaskan macam-macam perpindahan kalor. Siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan atau peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan konduktor dan isolator panas. Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan benda konduktor atau isolator.
5. Memahami berbagai bentuk energi, gaya serta perubahan, manfaat dan pengaruhnya. Mengidentifikasi bentuk-bentuk energi, perubahan, dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan gambar alat atau pernyataan yang berkaitan dengan energi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan atau dihasilkan.
Disajikan gambar percobaan atau pernyataan yang berkaitan dengan cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat cahaya.
Siswa dapat menyebutkan manfaat bunyi pantul dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa lampu, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus.
Menjelaskan macam-macam energi alternatif. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi alternatif.
Menjelaskan pemanfaatan gaya dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan gambar atau pernyataan kegiatan tertentu, siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak atau bentuk suatu benda.
Disajikan gambar tuas atau pengungkit, siswa dapat menentukan letak beban atau kuasa atau titik tumpu.
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai untuk digunakan pada kegiatan tersebut.
Menjelaskan cara-cara/manfaat penghematan energi bagi kehidupan sehari-hari. Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara- cara atau manfaat penghematan energi tertentu.
6. Memahami berbagai jenis sumber daya alam, kegunaannya, dampaknya bagi kehidupan. Menjelaskan berbagai jenis/kegunaan/ pelestarian sumber daya alam. Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan.
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam atau dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber daya alam.
Menjelaskan berbagai macam/dampak gejala alam. Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkannya.
7. Memahami sistem tata surya. Mendeskripsikan susunan tata surya. Siswa dapat menentukan urutan tata letak atau ciri-ciri planet dalam tata surya.
Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan. Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi.
Menjelaskan akibat atau manfaat gerakan bumi atau bulan. Siswa dapat menyebutkan dasar perhitungan penanggalan masehi atau komariah.

Download Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam file doc silahkan klik disini

——————————–
Sumber : BSNP

Tulisan Terkait :

20 Tanggapan

  1. mari kita persiapkan anak-anak kita dalam menghadapkan ujian negara dan ujian sekolah
    mudah mudahan anda mendapatkan pahal.

  2. ini baguss banget untuk belajar
    dan di jamin luluss…………

  3. teman-teman guru…berpusatlah pada skl terbaru ini….
    karena soal yang telah dibuat semuanya diturunkan dari indikator ini…

  4. kisi – kisi ini sangat baik karena dapat menyempurnakan nilai saya

  5. kisi-kisi ini saya udah tau dari dulu kali

  6. Bagus.. nih..
    Jadi Kita Gak Kejebak Soal.

  7. terima kasih…
    dan doakan semoga diberi kelancaran dan tanpa ada hambatan yang berat….
    semoga bisa dilewati dengan baikkk….

  8. tolong secepatnya utk skl 2012 disusun

    • @silakhuljanah, SKL UN 2012 belum tersedia dari BSNP, biasanya akan tersedia pada bulan Januari 2012, namun begitu biasanya tidak akan banyak berbeda dari tahun sebelumnya, sehingga SKL tahun sebelumnya bisa masih bisa untuk pedoman, nanti kalau yang terbaru sudah tersedia, insyaAllah akan saya posting untuk pembaca. Oke

    • Trimakasih banget sdh mau nanggapin pertanyaan sy,Oke sy tunggu postingnya ya.

  9. kok cuma dikit

  10. kan soalnya 40, kok cuma segini

    • @Hanif, coba perhatikan indikator di kolom paling kanan, jumlahnya 40 kan? nah soal yang berjumlah 40 itu dikembangkan dari indikator tersebut.

  11. tlg diterbitkan skl sd 2012

  12. bagai mana penyelesai anya / jawaban dari kisi kisi di atas

    • Kisi-kisi diatas tidak ada penyelesaiannya karena kisi-kisi bukanlah soal yang perlu diselesaikan. Tapi dari kisi-kisi itulah dikembangkan soal. Nah kalau sudah jadi soal baru ada penyelesaiannya/jawabannya.

  13. kok cuma sedikit kisi-kisinya

  14. kan soalnya ada 40

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: