Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMA/MA Biologi Tahun Pelajaran 2010/2011

NO. STANDAR KOMPETENSI

LULUSAN

INDIKATOR
1. Menjelaskan konsep-konsep

keanekaragaman hayati, prinsip- prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan.

Mendeskripsikan jenis-jenis keanekaragaman

hayati (tingkat gen, sel, jenis, dan ekosistem).

Mendeskripsikan klasifikasi organisme

makhluk hidup.

Mendeskripsikan peranan sumber daya alam

(hewan/tumbuhan) bagi kehidupan.

2. Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom

Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan.

Mengidentifikasi Virus atau Protista.
Mendeskripsikan peran monera dan fungi bagi

kehidupan.

3. Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan

Animalia serta peranannya bagi kehidupan.

Mengidentifikasi daur hidup tumbuhan lumut

dan tumbuhan paku.

Mendeskripsikan cara perkembangbiakan

pada tumbuhan berbiji.

Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata.
Mengidentifikasi ciri-ciri hewan vertebrata.
4. Menjelaskan hubungan antara

komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.

Mendeskripsikan komponen ekosistem dan

perannya bagi kehidupan di sekitarnya.

Mendeskripsikan proses yang terjadi pada

daur biogeokimia.

Mendeskripsikan konsep keseimbangan

lingkungan dan pelestariannya.

5. Menjelaskan struktur dan fungsi sel

serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia.

Mendeskripsikan struktur sel dan proses yang

terjadi pada sel tersebut.

Mengidentifikasi organel sel tumbuhan/hewan

beserta fungsinya.

Mengidentifikasi organ pada tumbuhan beserta

fungsinya.

6. Menjelaskan struktur dan fungsi

sistem organ pada hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.

Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang

pada manusia.

Mendeskripsikan sistem peredaran darah

manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem pencernaan pada

manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem pernafasan pada

manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem ekskresi pada

manusia serta gangguannya.

Mendeskripsikan sistem regulasi pada

manusia dan identifikasi gangguannya.

Mendeskripsikan sistem reproduksi pada

manusia dan identifikasi gangguannya.

7. Menjelaskan faktor-faktor yang

mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan.

Menentukan faktor-faktor internal dan

eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Download : Lampiran Permendiknas Nomor 46 Tahun 2010 silahkan klik disini

———————–
Sumber : Lampiran Permendiknas Nomor 46 Tahun 2010

2 Tanggapan

  1. ini yang tahun kemarin kan?

    • ini yang tahun ini ( April 2011), untuk yang sekarang kelas 3 berarti masih tahun depan kan? (April 2012)..

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: