Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMA/MA Fisika Tahun Pelajaran 2010/2011

FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO. STANDAR KOMPETENSI 

LULUSAN

INDIKATOR
1. Memahami prinsip-prinsip 

pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif.

Membaca pengukuran salah satu besaran 

dengan menggunakan alat ukur tertentu.

Menentukan besaran skalar dan vektor serta 

menjumlah /mengurangkan  besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.

2. Memahami gejala alam dan 

keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum.

Menentukan besaran-besaran fisis gerak 

lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.

Menentukan berbagai besaran dalam hukum 

Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan hubungan besaran-besaran fisis 

yang terkait dengan gaya gravitasi.

Menentukan letak titik berat dari berbagai 

benda homogen.

Menganalisis hubungan besaran-besaran 

yang terkait dengan gerak rotasi.

Menentukan besaran-besaran yang terkait 

dengan usaha dan perubahan energi.

Menjelaskan sifat elastisitas benda atau 

penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran-besaran yang terkait 

dengan hukum kekekalan energi mekanik.

Menentukan besaran-besaran fisis yang 

terkait dengan impuls, momentum, atau hukum kekekalan momentum.

3. Memahami prinsip dan konsep 

konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor.

Menjelaskan proses perpindahan kalor atau 

penerapan azas Black dalam kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida 

dan penerapannya.

Menentukan variabel-variabel pada 

persamaan umum gas ideal.

Menjelaskan faktor-faktor yang 

mempengaruhi energi kinetik gas.

Menentukan berbagai besaran fisis dalam 

proses termodinamika pada mesin kalor.

4. Menerapkan konsep dan prinsip 

optik dan gelombang dalam

berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.

Menentukan besaran-besaran yang terkait 

dengan pengamatan menggunakan mikroskop atau teropong.

Menjelaskan berbagai jenis gelombang 

elektromagnet serta manfaatnya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran-besaran tertentu dari 

gelombang berjalan.

Menentukan besaran-besaran yang terkait 

dengan peristiwa interferensi atau difraksi cahaya.

Membandingkan intensitas atau taraf 

intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik.

Menentukan besaran-besaran tertentu yang 

menimbulkan efek Doppler atau menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut.

5. Menerapkan konsep dan prinsip 

kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi.

Menentukan besaran-besaran yang terkait 

dengan hukum Coulomb atau medan listrik.

Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan 

atau tegangan listrik.

Menggunakan hukum Ohm dan hukum 

Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup.

Menentukan besaran-besaran yang terkait 

dengan medan magnet induksi di sekitar kawat berarus.

Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya 

Lorentz) atau menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.

Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis 

pada peristiwa induksi Faraday.

Menentukan besaran-besaran fisis pada 

rangkaian arus listrik bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.

6. Memahami konsep dan prinsip 

relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya.

Membedakan teori-teori atom.
Menganalisis teori relativitas dan besaran- 

besaran yang terkait.

Menjelaskan teori kuantum Planck dan 

kaitannya dengan radiasi benda hitam.

Menentukan besaran-besaran fisis pada 

reaksi inti atom.

Menentukan jenis-jenis zat radioaktif atau 

mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan.

Download : Lampiran Permendiknas Nomor 46 Tahun 2010 silahkan klik disini

———————–
Sumber : Lampiran Permendiknas Nomor 46 Tahun 2010

Satu Tanggapan

  1. bagus banget…. kerennnnnn…

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: