Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMA/MA Matematika Tahun Pelajaran 2010/2011

1. KISI-KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

    NO. STANDAR KOMPETENSI

    LULUSAN

    INDIKATOR
    1. Memahami pernyataan dalam

    matematika dan ingkarannya, mampu menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.

    Menentukan pernyataan yang diperoleh dari

    penarikan kesimpulan dari dua premis yang diberikan.

    2. Memahami masalah yang berkaitan

    dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam

    pemecahan masalah.

    Menggunakan aturan pangkat dan akar

    untuk menyederhanakan bentuk aljabar.

    Menyelesaikan persamaan logaritma.
    Menggunakan diskriminan untuk

    menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat.

    Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali

    akar-akar persamaan kuadrat untuk menentukan unsur yang belum diketahui dari persamaan kuadrat.

    Menentukan persamaan kuadrat baru yang

    akar-akarnya berelasi linear dengan akar- akar persamaan kuadrat yang diketahui.

    Menentukan persamaan garis singgung

    lingkaran.

    Menentukan komposisi dua fungsi atau

    fungsi invers.

    Menggunakan aturan teorema sisa atau

    teorema faktor.

    Menyelesaikan masalah sistem persamaan

    linear.

    Menyelesaikan masalah program linear.
    Menyelesaikan operasi matriks.
    Menentukan sudut antara dua vektor.
    Menentukan panjang proyeksi atau vektor

    proyeksi.

    Menentukan bayangan titik atau garis karena

    dua transformasi.

    Menentukan fungsi invers dari fungsi

    eksponen atau logaritma.

    Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika.
    Menyelesaikan masalah yang berkaitan

    dengan deret aritmetika atau geometri.

    3. Memahami sifat dan atau geometri

    dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.

    Menghitung jarak dan sudut antara dua objek

    (titik, garis, dan bidang) di ruang.

    4. Memahami konsep perbandingan

    fungsi, persamaan, dan identitas

    trigonometri, melakukan manipulasi

    aljabar untuk menyusun bukti serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

    Menggunakan aturan sinus atau kosinus

    untuk menghitung unsur pada segi banyak.

    Menentukan volume bangun ruang dengan

    menggunakan aturan sinus dan kosinus.

    Menyelesaikan himpunan penyelesaian

    persamaan trigonometri.

    Menghitung nilai perbandingan trigonometri

    dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen.

    5. Memahami konsep limit, turunan

    dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.

    Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan

    fungsi trigonometri.

    Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi

    turunan fungsi.

    Menghitung integral tak tentu dan integral

    tertentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.

    Menghitung luas daerah dan volume benda

    putar dengan menggunakan integral.

    6. Mengolah, menyajikan dan

    menafsirkan data, mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kajadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.

    Menghitung ukuran pemusatan dari suatu

    data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik.

    Menggunakan kaidah pencacahan,

    permutasi atau kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait.

    Menghitung peluang suatu kejadian.

    2. KISI-KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)

    NO. STANDAR KOMPETENSI

    LULUSAN

    INDIKATOR
    1. Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai

    kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.

    Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk
    Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk.
    Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
    2. Memahami konsep yang berkaitan dengan atura pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan

    kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

    Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
    Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat.
    Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat.
    Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana.
    Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat.
    Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
    Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel.
    Menentukan nilai optimum fungsi obyektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem

    pertidaksamaan linear.

    Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear.
    Menyelesaikan masalah matriks yang

    berkaitan dengan kesamaan, determinan, atau invers matriks.

    Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku

    pertama deret aritmetika.

    Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku

    pertama deret geometri.

    Menyelesaikan masalah yang berkaitan

    dengan barisan dan deret aritmetika.

    3. Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta mampu menerapkannya dalam pemecahan

    masalah.

    Menghitung nilai limit fungsi aljabar.
    Menentukan turunan fungsi aljabar.
    Menentukan aplikasi turunan fungsi aljabar.
    4. Mengolah, menyajikan, menafsirkan data, dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi

    dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.

    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
    Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian.
    Menentukan peluang suatu kejadian.
    Membaca data pada diagram lingkaran atau

    batang.

    Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data kelompok dalam bentuk tabel atau diagram.
    Menentukan ukuran penyebaran data tunggal.

    3. KISI-KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

    NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
    1. Memahami pernyataan dan

    ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.

    Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan

    majemuk.

    Menentukan pernyataan yang ekuivalen

    dengan pernyataan tertentu.

    Menentukan kesimpulan dari beberapa

    premis.

    2. Memahami konsep yang berkaitan

    dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

    Menentukan hasil operasi bentuk pangkat,

    akar, dan logaritma dengan menggunakan sifat-sifatnya.

    Menentukan unsur-unsur grafik fungsi

    kuadrat.

    Menentukan persamaan grafik fungsi

    kuadrat.

    Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar

    persamaan kuadrat.

    Menentukan persamaan kuadrat baru.
    Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
    Menyelesaikan sistem persamaan linear dua

    variabel.

    Menentukan sistem pertidaksamaan linear

    dari daerah penyelesaian.

    Merancang atau menyelesaikan model

    matematika dari masalah program linear.

    Menentukan nilai optimum suatu fungsi

    objektif dari sistem pertidaksamaan linear.

    Menyelesaikan persoalan yang berkaitan

    dengan sifat-sifat, operasi, determinan, atau invers matriks.

    Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku

    pertama dari deret aritmetika maupun deret geometri.

    Menyelesaikan masalah sederhana yang

    berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika.

    3. Mengolah, menyajikan, dan

    menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi, dan peluang kejadian, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.

    Menyelesaikan masalah yang berkaitan

    dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.

    Menyelesaikan masalah yang berkaitan

    dengan peluang kejadian.

    Menentukan unsur-unsur pada diagram

    lingkaran atau batang.

    Menentukan ukuran pemusatan dari data

    pada tabel atau diagram.

    Menentukan ukuran letak dari data pada

    tabel.

    Menentukan ukuran penyebaran dari data

    tunggal.

    Download : Lampiran Permendiknas Nomor 46 Tahun 2010 silahkan klik disini

    ———————–
    Sumber : Lampiran Permendiknas Nomor 46 Tahun 2010

    About these ads

    Satu Tanggapan

    1. belum ada file doc nya???
      iya deh, ndag papa,,, makasih

    Komentar ditutup.

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 225 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: