Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SD Tahun Pelajaran 2010/2011

Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SD Tahun Pelajaran 2010/2011

No. Standar Kompetensi

Lulusan

Kemampuan yang Diuji Indikator
1

 

Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al- Fatihah sampai surat Al-

‘Alaq.

Membaca QS Al Fiil dengan lancar. Disajikan beberapa ayat Al-Qur`an, peserta didik dapat

menentukan salah satu ayat surat Al Fiil.

Mengartikan QS Al Maun dengan benar. Disajikan salah satu ayat surat Al Maun dan artinya, peserta didik dapat menentukan isi pokok ayat tersebut yang

berhubungan dengan sifat peduli.

Mengartikan QS Al Kautsar dengan benar. Disajikan salah satu ayat surat Al Kautsar dan artinya, peserta didik dapat menentukan isi pokok ayat tersebut.
Membaca QS An Nashr dengan lancar. Disajikan beberapa ayat Al Quran, peserta didik dapat

memilih salah satu ayat surat An Nashr dengan tepat.

Membaca QS Al Ikhlas dengan lancar. Disajikan salah satu ayat surat Al Ikhlas, peserta  didik

mampu menjelaskan hukum bacaan lafadz yang bergaris bawah.

Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun. Disajikan  surat Al Lahab yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi  dengan tepat.
Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun. Disajikan salah satu ayat surat Al Kafirun, peserta didik

dapat menunjukan artinya.

Mengartikan QS Al Fatihah. Disajikan salah satu ayat surat Al Fatihah, peserta didik dapat

menjelaskan artinya.

Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1 – 5. Disajikan beberapa ayat Al Quran, peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu ayat surat Al Qadar.
Disajikan salah satu ayat surat Al Alaq, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan yang digaris bawahi.
Mengartikan QS Al Maidah : 3 dengan

benar.

Disajikan kutipan surat Al Maidah ayat 3 dan artinya, peserta

didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.

Mengartikan QS Al-Hujurat ayat 13. Disajikan surat Al Hujurat ayat 13 dan artinya, peserta didik dapat menunjukan perilaku toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.
2

 

Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar Mengartikan sifat Jaiz Allah SWT. Disajikan beberapa pernyataan tentang sifat Allah, peserta

didik dapat menilai pernyataan yang sesuai dengan sifat jaiz bagi Allah SWT.

Menyebutkan tugas-tugas Malaikat. Disajikan nama dan tugas malaikat melalui tabel yang belum

lengkap, peserta didik dapat melengkapi dengan benar .

Menyebutkan nama-nama Rasul yang

menerima kitab-kitab Allah SWT.

Ditampilkan nama-nama kitab suci yang diturunkan Allah

SWT, peserta didik dapat menunjukkan  nabi yang menerimanya.

Menjelaskan al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir. Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan kitab suci, peserta didik dapat menunjukkan fungsi Al-Qur`an sebagai kitab suci terakhir dengan benar.
Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi

dari para Rasul.

Disajikan melalui cerita tentang kehidupan rasul, peserta

didik dapat memilih dengan tepat peristiwa yang melatar- belakangi seorang Rasul mendapat julukan Ulul Azmi

Membedakan Nabi dan Rasul. Disajikan melalui pernyataan tentang nabi dan rasul, peserta

didik dapat menunjukkan  perbedaan antara Nabi dan Rasul.

Menyebutkan nama-nama hari akhir. Disajikan peristiwa tentang hari akhir, peserta didik dapat menentukan nama hari akhir yang sesuai dengan peristiwa tersebut.
Menyebutkan tanda-tanda hari akhir. Ditampilkan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat

mengemukakan tanda-tanda hari akhir yang ada dalam narasi tersebut.

Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan

Qadar.

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang kehidupan

manusia, peserta didik dapat memilih contoh  pernyataan yang sesuai dengan qadha Allah SWT.

Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha

dan Qadar.

Disajikan beberapa pernyataan tentang kehidupan seseorang,

peserta didik dapat  memilih dengan tepat contoh sikap menerima  qadar Allah SWT.

3 Menceritakan kisah nabi- nabi serta mengambil teladan dari  kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi Menceritakan kisah Nabi Adam AS. Disajikan cuplikan kisah Nabi Adam AS, peserta didik dapat menyimpulkan penyebab Nabi Adam diturunkan ke dunia.
Menceritakan kisah kelahiran Nabi

Muhammad SAW.

Disajikan melalui narasi tentang kehidupan Nabi Muhammad

SAW, peserta didik  dapat mengemukakan nama pengasuh

Nabi Muhammad  SAW.

Menceritakan kisah Nabi Ismail AS. Disajikan kisah Nabi Ismail AS, peserta didik dapat

menyimpulkan  hikmah yang berhubungan dengan sikap sosial dalam kisah tersebut.

Menceritakan kisah Nabi Musa AS. Disajikan beberapa pernyataan tentang kisah nabi, peserta didik dapat menentukan kejadian pada masa Nabi Musa AS.
Menceritakan kisah Nabi Isa AS. Disajikan beberapa kisah tentang Nabi, peserta didik dapat

menentukan  kejadian pada masa Nabi Isa AS.

Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar

Sidik RA.

Disajikan kisah khalifah Abu Bakar RA, peserta didik dapat

menentukan  sifat  terpuji pada beliau.

Menceritakan perilaku Musailamah Al

Kadzab.

Disajikan melalui narasi tentang Musailamah al Kadzab peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab Khalifah Abu Bakar Siddiq RA memerangi Musailamah Al-

Kadzab.

Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Disajikan melalui cerita berkaitan dengan kaum Muhajirin dan Anshar, peserta didik dapat menyimpulkan  perjuangan kaum Muhajirin dan Anshar yang berkaitan dengan karakter sosial.
4

 

Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta  menghindari perilaku tercela Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam

AS.

Ditampilkan  beberapa kasus tentang kehidupan seseorang,

peserta didik dapat menentukan peristiwa yang relevan dengan sikap bertaubat.

Meneladani perilaku masa kanak-kanak

Nabi Muhammad SAW.

Disajikan kisah nabi Muhammad SAW pada masa kanak-

kanak, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji.

Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS. Disajikan melalui cerita berkaitan dengan kehidupan Nabi

Ibrahim AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji Nabi Ibrahim AS.

Meneladani Nabi Ismail AS. Disajikan melalui narasi berkaitan dengan  Nabi Ismail AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji Nabi Ismail AS.
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS. Disajikan melalui cerita tentang kehidupan Nabi Ayyub AS,

peserta didik dapat meneladani perilaku terpuji Nabi Ayyub

AS.

Meneladani perilaku Nabi Musa AS. Disajikan melalui cerita berkaitan dengan kehidupan Nabi

Musa AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji dari kisah Nabi Musa AS.

Menghindari perilaku dengki seperti Abu

Lahab dan Abu Jahal.

Disajikan narasi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik

dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki dalam kehidupan bermasyarakat secara tepat.

Menghindari perilaku bohong seperti

Musailamah Al Kadzab.

Disajikan kasus dalam kehidupan sehari-hari,  peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku bohong.
5

 

Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib

shalat.

Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat

mengidentifikasi syarat wajib shalat.

Menyebutkan hal-hal yang   membatalkan

shalat.

Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat

menunjukkan hal-hal yang membatalkan shalat.

Melakukan dzikir setelah shalat. Disajikan lafal dzikir setelah shalat yang belum lengkap, peserta didik mampu melengkapi dengan benar.
Melakukan cara bersuci (thaharah). Disajikan melalui cerita tentang kasus bersuci, peserta didik

dapat menyebutkan alat untuk bersuci.

Melafalkan azan dan iqamah. Disajikan  salah satu lafal azan, peserta didik dapat

mengartikan dengan benar.

Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa

Ramadhan.

Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat

mengidentifikasi rukun puasa.

Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat menunjukkan hal – hal yang membatalkan puasa.
Menyebutkan hikmah puasa. Disajikan melalui narasi tentang puasa, peserta didik dapat

menentukan salah satu hikmah puasa.

Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan. Disajikan narasi tentang shalat tarawih,  peserta didik  dapat menentukan hikmah dalam pelaksanaannya.
Menyebutkan macam-macam zakat. Disajikan beberapa pernyataan berkaitan dengan zakat,

peserta didik dapat mengenali macam-macam zakat.

Menyebutkan ketentuan zakat fitrah. Disajikan melalui cerita tentang  kasus zakat fitrah, peserta

didik dapat  menentukan ukuran zakat fitrah.

Disajikan narasi tentang zakat, peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap empati terhadap yang

membutuhkan.

Download Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SD Tahun Pelajaran 2010/2011 :

%d blogger menyukai ini: