Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SMA/SMK Tahun Pelajaran 2010/2011

Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SMA/SMK Tahun Pelajaran 2010/2011

No. Standar Kompetensi

Lulusan

Kemampuan yang Diuji Indikator Soal
1.

 

Memahami ayat-ayat Al- Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demo- krasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Membaca QS Al-Baqarah :  30, Al-Mukmi- nun : 12-14, Az-Zariyat :  56 dan An Nahl : 78  yang  menjelaskan  tentang  fungsí  dan tugas   manusia  sebagai  khalifah  di  muka bumi. Ditampilkan  kutipan  salah  satu  ayat  Al-Qur’an  tentang fungsí dan  tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang tidak lengkap,  peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat tersebut.
Ditampilkan  kutipan  salah  satu  ayat  Al-Qur’an  tentang fungsí   dan   tugas    manusia    sebagai    khalifah    di  muka bumi,peserta   didik   dapat   mengidentifikasi   tajwid   yang terdapat dalam ayat tersebut.
Menyebutkan arti QS Al-Baqarah: 30, Al- Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78. yang menjelaskan tentang fungsi dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi. Ditampilkan kutipan QS. Al-Mukminun: 14, peserta didik dapat mengartikan penggalan  ayat yang digaris bawahi.
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi  seperti terkandung  dalam  QS  Al- Baqarah  : 30, Al-Mukminun : 12-14, Az- Zariyat :  56 dan An Nahl : 78. Ditampilkan   wacana   tentang   manusia   sebagai   khalifah, peserta didik dapat menentukan  contoh  perilaku yang sesuai dalam kedudukannya  sebagai khalifah di bumi.
Membaca QS Ali Imran :  159 dan QS Asy Syura :  38 tentang demokrasi. Ditampilkan kutipan QS. Ali-Imran: 159  yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi kutipan ayat tersebut.
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura : 38 tentang demokrasi. Ditampilkan kutipan QS. Asy-syura: 38, peserta didik dapat menjelaskan arti  kutipan ayat yang digaris bawahi.
Menampilkan   perilaku   hidup   demokrasi seperti  terkandung dalam QS Ali Imran : 159,  dan  QS  Asy  Syura  :  38  dalam kehidupan sehari-hari. Ditampilkan  wacana  tentang  pola  kehidupan  demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan  contoh perilaku demokrasi yang sesuai dengan QS. Ali Imran : 159 / QS. Asy-syura: 38.
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah  :  164  yang  menjelaskan  ten- tang pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Ditampilkan kutipan QS. Yunus: 101, peserta didik dapat menunjukkan arti bacaan ayat yang digarisbawahi.
Disajikan  kutipan  salah  satu  ayat  tentang  pengembangan Iptek,  peserta  didik  dapat  menyimpulkan  kandungan  ayat tersebut.
Melakukan  pengembangan  IPTEK  seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164. Ditampilkan     wacana     tentang   pengembangan  IPTEK berdasarkan    QS.   Yunus:  101,    peserta     didik   dapat menentukan  peran     yang       dapat  dilakukan   dalam mengembangkan IPTEK.
2.

 

Meningkatkan      keimanan kepada      Allah  sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman  terhadap  sifat dan Asmaul Husna Menjelaskan makna  10  sifat  Allah  SWT dalam Asmaul  Husna. Peserta didik dapat mengemukakan arti salah satu sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna.
Ditampilkan beberapa Asmaul Husna beserta artinya secara acak ,  peserta  didik  dapat  menjodohkan    Asmaul  Husna sesuai dengan artinya.
Menjelaskan tanda-tanda  beriman  kepada malaikat. Disajikan contoh  kasus  tentang  kehidupan  di  masyarakat, peserta  didik  dapat  mengenali  salah  satu  tanda  beriman kepada Malaikat sesuai dengan kasus tersebut.
Menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab- kitab  Allah SWT. Peserta  didik  dapat  menentukan  hikmah  beriman  kepada Kitab-kitab Allah SWT.
Menjelaskan  tanda-tanda  beriman  kepada Rasul-rasul Allah SWT. Peserta didik  dapat  mengidentifikasi  tanda-tanda  beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Peserta didik dapat mengenali contoh sikap beriman kepada Rasul-rasul    yang    berkaitan    dengan   HAM   berdasarkan ilustrasi yang disajikan tentang kehidupan Rasulullah.
Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir. Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda datangnya Hari Akhir.
Peserta  didik  dapat  menunjukkan  contoh  perilaku  yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir.
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Hari Akhir.
Menjelaskan    hikmah beriman Kepada Qadha’ dan Qadar. Peserta  didik  dapat  mengemukakan  tanda-tanda  beriman kepada qadha’ dan qadar.
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar.
Peserta didik dapat menganalisis macam macam Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari.
3. Berperilaku terpuji  seperti husnuzzhan,     taubat           dan raja    dan   meninggalkan perilaku     tercela   seperti isyrof, tabzir dan fitnah. Menjelaskan tentang husnuzhan Disajikan  narasi  tentang  husnudzan,  peserta  didik  dapat menentukan hal-hal yang berhubungan dengan husnuzhan.
Menganalisis  contoh  perilaku  husnudzan terhadap sesama manusia. Disajikan beberapa contoh tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari,   peserta  didik     dapat     mengenali     perilaku husnudzan terhadap sesama manusia.
Menunjukkan tata-cara bertaubat. Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku tercela yang dilakukan oleh  seseorang, peserta didik dapat                                                      menunjukkan tatacara bertaubat secara tepat.
Membiasakan diri untuk berperilaku taubat. Peserta didik  dapat  mengidentifikasi  kebiasaan  berprilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan manfaat raja. Disajikan ilustrasi  tentang  kehidupan,  peserta  didik  dapat menunjukkan manfaat  raja.
Menunjukkan contoh perilaku raja. Disajikan  narasi  tentang  perilaku  manusia,  peserta  didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku raja.
Menjelaskan bahaya  israf. Disajikan narasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan bahaya israf.
Menunjukan cara menghindari tabzir. Disajikan  ilustrasi  tentang  perilaku  tabdzir,peserta  didik dapat menunjukan cara menghindari tabzir.
Mengidentifikasi akibat perilaku fitnah. Disajikan narasi tentang kebiasaan berperilaku fitnah, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat fitnah.
4.

 

Memahami sumber hukum Islam  dan   hukum  taklifi serta   menjelaskan  hukum muamalah      dan  hukum keluarga dalam Islam. Menyebutkan  pengertian,  kedudukan  dan fungsi    Al Qur’an, Al Hadits, Ijtihad  dan hukum taklifi. Disajikan wacana tentang tiga sumber hukum Islam, peserta didik   dapat  menunjukkan  kedudukan  salah  satu  sumber hukum tersebut.
Disajikan wacana tentang masalah ijtihadi dalam masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan tentang pentingnya ijtihad sebagai salah satu sumber hukum Islam.
Peserta didik dapat menunjukkan contoh penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan  asas-asas  transaksi  ekonomi dalam Islam. Disajikan  sebuah  ilustrasi  tentang  jual  beli,  peserta  didik dapat mengidentifikasi rukun jual beli.
Peserta didik dapat menunjukkan contoh praktik riba dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah.
Menjelaskan  ketentuan perkawinan dalam Islam. Disajikan ilustrasi  tentang  pernikahan,  peserta  didik  dapat menentukan hal-hal yang termasuk rukun nikah.
Disajikan  kasus  tentang  pernikahan,  peserta  didik  dapat mengidentifikasi pernikahan yang dilarang.
Ditampilkan contoh kasus tentang perceraian, peserta didik dapat menjelaskan ketentuan iddah.
Menjelaskan   ketentuaun   perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. Peserta didik  dapat  mengidentifikasi  ketentuan  pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
Menjelaskan     ketentuan-ketentuan   hukum waris. Peserta  didik  dapat  menunjukkan  sebab-sebab  seseorang  mendapat harta waris.
Peserta  didik  dapat     mengidentifikasi  ahli  waris  dzawil furudh.
Menjelaskan  contoh   pelaksanaan   hukum waris. Disajikan  contoh   kasus   dalam   hukum   waris,   wafatnya seseorang dengan  meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa  ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing ahli waris.
Menjelaskan  hikmah  hukum  waris  dalam Islam. Peserta didik dapat menunjukkan hikmah waris.
5. Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia. Mendeskripsikan   substansi     dan  strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah. Disajikan kisah  singkat  dakwah  Nabi  Muhammad  SAW, peserta   didik  dapat  menyimpulkan  strategi  da’wah  yang digunakan oleh Rasululullah SAW.
Peserta  didik  dapat  menunjukkan  contoh  sikap  toleransi Rasulullah dalam berda’wah.
Menjelaskan   perkembangan Islam    di Indonesia. Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia, peserta             didik  dapat                menentukan  faktor-faktor   yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.
Peserta didik dapat menganalisis peran umat Islam dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia. Peserta didik dapat mengenali bukti perkembangan Islam di dunia.

Download Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SMA/SMK Tahun Pelajaran 2010/2011 :

6 Tanggapan

  1. makasih banyak, bener2 membantu

  2. lumyan

  3. Apakah ini termasuk SKL ujian tingkat SMA di Sulawesi Tenggara???

  4. ini kan yang tahun 2011, yang 2012 nya?

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: