Persyaratan Peserta Ujian Nasional Tahun 2012

  1. Peserta didik yang belajar pada tahun terakhir di satuan pendidikan berhak mengikuti Ujian Nasional (UN).
  2. Peserta  didik  yang  memiliki  rapor  lengkap  penilaian  hasil  belajar  pada  satuan pendidikan sampai dengan semester I tahun terakhir.
  3. Khusus peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional dapat mengikuti UN.
  4. Peserta  didik  yang  memiliki  ijazah  atau  surat  keterangan  lain  yang  setara,  atau berpenghargaan sama, dengan ijazah dari satuan pendidikan yang setingkat lebih rendah, atau memiliki bukti kenaikan kelas dari kelas III ke kelas IV untuk peserta didik Kulliyatul-Mu’alimin Al-Islamiyah (KMI)/Tarbiyatul-Mu’alimin Al-Islamiyah (TMI) yang pindah ke SMA, MA, dan SMK. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3 tahun sebelum mengikuti ujian sekolah/madrasah, atau sekurang-kurangnya 2 tahun untuk peserta program percepatan belajar.
  5. Peserta didik yang belajar di sekolah internasional di Indonesia yang memiliki izin untuk menerima peserta didik WNI, dapat mengikuti    UN    pada    sekolah/madrasah penyelenggara UN terdekat dengan persyaratan sebagaimana tercantum pada butir 1 dan 4 di atas.
  6. Peserta  UN  yang  karena  alasan  tertentu  dan  disertai  bukti  yang  sah  tidak  dapat mengikuti UN di satuan pendidikannya, dapat mengikuti UN di sekolah/madrasah lain pada jenjang dan jenis yang sama.
  7. Peserta  UN  yang  karena  alasan  tertentu  dan  disertai  bukti  yang  sah  tidak  dapat mengikuti UN dapat mengikuti UN susulan.
  8. Peserta  yang  belum  lulus  UN  sekolah/madrasah  yang  akan  mengikuti  UN  tahun pelajaran 2011/2012 harus :
    1. mendaftar pada sekolah/madrasah asal atau sekolah/madrasah penyelenggara UN;
    2. mengikuti seluruh mata pelajaran yang diujinasionalkan. Nilai yang digunakan adalah nilai tertinggi dari hasil ujian.
    3. memiliki nilai sekolah/madrasah.
  9. Peserta UN yang belum lulus UN sekolah/madrasah dan telah mengikuti UN Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan serta dinyatakan lulus, dilarang mengikuti UN sekolah/madrasah.

———————————————
sumber : Juknis UN 2012 (DIY)

Iklan

7 Tanggapan

  1. Thanks infox
    Bgmn jika siswa SD kelas 6 masih berusia 10 thn 11 bulan sampai batas Juli 2012 ( kelahiran 16 Agustus 2001) memiliki raport lengkap, bisakah mengikuti UN 2012 ? ada info akan terkena sanksi yaitu bs ikut ujian tetapi ijasah diberikan tahun ke depanx. Betulkah itu ? mhn info

    • Rekan Arifin, dalam persyaratan diatas tidak ada persyaratan usia kan? jadi mestinya tidak masalah, saya belum menemukan ketentuan semacam itu, di Juknis/POS UN SD 2012 juga tidak memuat hal itu :

      1. Peserta didik yang belajar pada tahun terakhir di satuan pendidikan SD, MI, dan SDLB (Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa Ringan, dan Tunalaras).
      2. Peserta didik yang memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan sampai dengan semester 1 tahun terakhir.
      3. Peserta didik yang belajar di sekolah internasional di Indonesia yang memiliki izin untuk menerima peserta didik WNI, dapat mengikuti UN pada sekolah/madrasah penyelenggara terdekat.
      4. Peserta didik yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti UN di satuan pendidikan yang bersangkutan, dapat mengikuti UN di satuan pendidikan lain pada jenjang dan jenis yang sama atau pada tempat lain yang ditentukan sebagai penyelenggara UN.
      5. Peserta didik yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti UN dapat mengikuti UN susulan.

      Jadi, mestinya tidak masalah, dan ijazah tetap diberikan sebagaimana mestinya. Demikian

    • maaf… jika saya hanya sekolah SMA 2 tahun reguler…. apa saya boleh mengikuti ujian nasional…??? 2 tahun itu bkn program akselerasi… tp hanya reguler 2 tahun SMA….. apa boleh ikut uan ?
      trimakasih

    • adik Karimpson Muhammado,kalau hanya ikut 2 tahun dari 3 tahun di SMA dan itu bukan akselerasi, maka itu belum memenuhi syarat untuk ikut UN, karena salah satu syarat UN adalah harus menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun ( harus memiliki nilai raport dari semester 1 sampai 5)

  2. apakah boleh nanti ketika UN namanya di singkat..seperti nama sayakan DEDE RIYAN NURDIYANTO Di singkat menjadi DEDE RIYAN N .soalnya kalau gak di singkat gak cukup di lembar jawabanya….

    • ya kalau namanya tidak muat disingkat saja, atau ada yang pernah mempraktikkan dengan memasukkan secukupnya, jadi misalnya cuma sampai NURD gitu.. ya sampai itu diisikannya. untuk kepastian tanya Bapak/Ibu Guru di skul ya baiknya bagaimana

  3. bgaimana cara lihat hasil ujian??? tlong d blas!!!!!

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: