VCT Batch 5 Review Rumah Belajar #1 Kota dari Liang Tambang & Review Rumah Belajar #2 Museum Tematik di Indonesia

  • Review Rumah Belajar #1 Kota dari Liang Tambang

Review Rumah Belajar di rumahbelajar.id
Kontributor : Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Judul Media : Kota Dari Liang Tambang
Jenis Media : Buku Elektronik dalam bentuk file PDF, isi 55 Halaman
Nama Penulis : Ramadhani

cover-kota-dari
Sinopsis-kota-dari

Kelebihan :
Buku ini punya Judul yang menarik “Kota dari Liang Tambang” terkesan misterius dan berbau petualangan. Covernya juga sangat menarik dengan gambar lorong dan sosok manusia diujungnya sehingga memberikan kesan misteri yang menunggu untuk diungkapkan. Kombinasi judul dan cover yang menarik menjadi point of view yang mengundang anak untuk membaca, cocok dengan targetnya sebagai buku bacaan anak SMP. Buku ini menuturkan sejarah kota Sawahlunto di Sumatera Barat tapi dibalut dalam kisah perjalanan vakasi sejarah seorang anak SMP kelas 7 bernama Ardha yang senang mata pelajaran Geografi, cara penyampaian sejarah dalam sebuah cerita sederhana tentang piknik sekolah ini cukup menarik. Sejarahnya dapat disampaikan dalam bahasa yang mudah difahami dan enak dibaca.

Tags-Kota-dari

Kekurangan :
Font yang dipakai untuk judul di cover buku terkesan datar dan ukurannya terlalu kecil sehingga kurang mendukung tampilan gambar cover yang sebenarnya sudah bagus. Penanda di halaman detil hanya memuat : cerita rakyat, gln, dan kota dari liang tambang, seharusnya lebih banyak. Sinopsis isi buku di halaman detil langsung menceritakan tentang sejarah kota Sawahlunto seharusnya lebih ke perjalanan Ardha, agar menarik.

Saran :
Font judul dibuat lebih besar dengan jenis font yang lebih artistik sehingga mendukung judul dan gambar cover yang sudah bagus. Penanda di halaman detil ditambah dengan : buku, sawahlunto. Sinopsis berisi tentang perjalanan vakasi sekolah Ardha dengan diakhiri pertanyaan tentang kota dari liang tambang agar menimbulkan rasa penasaran dan menarik untuk membaca


Review Rumah Belajar #1 Kota dari Liang Tambang ini adalah tugas dari VCT Batch 5 Jateng-DIY Wilayah Gunungkidul, yang terdiri dari tiga tahap : speech to text, text to speech, dan posting di blog.
Rekaman layar proses STT dan TTS ini dapat dikunjungi di laman Youtube berikut http://bit.ly/Kota-Liang


  • Review Rumah Belajar #2 Museum Tematik di Indonesia

Review Rumah Belajar : rumahbelajar.id
Kontributor : Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Judul Media : Museum Tematik di Indonesia
Jenis Media : Buku Elektronik dalam bentuk file PDF, isi 224 Halaman
Nama Penulis : Kresno Yulianto dkk

Museum-tema

Kelebihan :
Buku Museum Tematik di Indonesia ini sangat menarik. Tata letak baik di cover maupun di bagian isi rapi dan eksklusif. Isi penuh dengan foto berwarna ukuran besar. Isi buku dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Informasi museum cukup lengkap mencakup semua museum di Indonesia yang dikelompokkan dalam tema-tema tertentu. Buku referensi Museum yang lengkap dan bagus.

Museum-download

Kekurangan :
Dari sisi konten dan tampilan tidak ada kekurangan. Tapi dari sisi akses di web rumahbelajar.id kurang lengkap, biasanya media buku elektronik yang tersedia di web rumah belajar terdapat pilihan akses, dibaca langsung di web atau diunduh. Tapi untuk Buku Museum Tematik di Indonesia ini hanya ada pilihan unduh saja dalam bentuk pdf ukuran file 19 mb. Dihalaman detil media ada inkonsistensi yaitu tentang content language, disebutkan dibagian atas Indonesian, sedang dibagian bawah English Indonesian.

Saran :
Agar memudahkan akses pembaca, perlu disediakan tombol untuk membaca langsung di web tidak harus mengunduh. Dihalaman detil perlu disesuikan antara informasi dibagian atas dan dibagian bawah terutama tentang content language.


Review Rumah Belajar #2 Museum Tematik di Indonesia ini adalah tugas dari VCT Batch 5 Jateng-DIY Wilayah Gunungkidul, yang terdiri dari tiga tahap : speech to text, text to speech, dan posting di blog.
Rekaman layar proses STT dan TTS ini dapat dikunjungi di laman Youtube berikut http://bit.ly/Museum-Tematik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s