Prediksi Soal CPNS 2009

Ujian tertulis CPNS 2008 yang lalu, untuk seluruh wilayah Yogyakarta dikabarkan seragam, soal disusun bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Ujian seleksi CPNS tahun 2009 mungkin tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2008, atau paling tidak dengan mengetahui model soal tahun 2008 dapat lebih siap bertempur di medan para pejuang ini : Seleksi CPNS 2009.

Pada tahun 2008 soal dikemas dalam satu bendel, dengan satu lembar jawab komputer bolak-balik. Soal terdiri dari sekitar 200 butir pilihan ganda (multiple choice) dengan 5 pilihan (a, b, c, d dan e). Macam soalnya kurang lebih adalah sebagai berikut :

Bagian pertama (50 soal) : berisi soal-soal tentang Pancasila, UUD 45, GBHN, Peraturan pemerintah, Sejarah, Kebijakan pemerintah, Pengetahuan dasar Bahasa Indonesia, matematika dasar

Bagian kedua (50 soal) : berisi soal-soal kepribadian dan pengembangan diri

Bagian ketiga (50 soal) : berisi soal-soal Bahasa Inggris dengan beberapa text bacaan, vocabulary, grammar, dan lain-lain, dari pembicaraan teman-teman yang ikut bertarung di Yogyakarta soal bahasa Inggris ini termasuk sulit, karena kata-kata yang digunakan dalam soal-soal bacaan terutama, cukup asing ditelinga (telinga para awam ya, tapi kalau Anda sudah biasa pasti tidak masalah )

Bagian keempat (50 soal) : berisi soal-soal Komputer (TIK), soal tentang komputer ini berkisar pada penggunaan program office dan internet yaitu : Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Internet Explorer, browsing dan email. Soal yang dipertanyakan antara lain tentang istilah-istilah berkaitan dengan program office, shortcut program, menu pada toolbar, dan pengetahuan cara menggunakan program-program ini.

Apabila desainnya masih sama, mungkin soal seleksi CPNS 2009 khususnya wilayah Yogyakarta tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, Anda yang bersiap-siap bertarung dalam ajang akbar ini dapat mempersiapkan diri lebih baik dengan memprediksi macam soal yang seperti apa yang akan diujikan.Siapkan diri lebih awal tentu akan lebih baik, jangan bosan dan segan untuk membaca-baca lagi buku-buku lama Anda berkaitan dengan : Pancasila, Pembukaan UUD 45, amandemen UUD 45, bab, pasal, ayat dan penjelasan UUD 45, GBHN, Undang-Undang Pemilu, UU ketenagakerjaan, Tata negara Indonesia, Peraturan pemerintah, Kebijakan pemerintah, ekonomi, lingkungan hidup, Kepegawaian di Indonesia, Sejarah Indonesia : mulai dari sejarah kerajaan, datangnya penjajah Portugis, Belanda, Inggris, sampai Jepang, sejarah seputar Kemerdekaan 17 Agustus 1945 seperti : PPKI, BPUPKI, konsep Pancasila, Sejarah berkaitan dengan agresi militer Belanda ke I dan ke II serta perjuangan mempertahankan kemerdekaan, Pergerakan Nasional Indonesia, Bahasa Indonesia, Matematika dasar : seperti rumus-rumus bangun, deret ukur dan deret hitung, Psikologi pengembangan diri, dan kepribadian, Bahasa Inggris : tenses, grammar, vocabulary, Komputer : program-program office dan internet : Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Internet Explorer, browsing dan email.

Perubahan adalah keniscayaan, tapi dengan sejarah masa lalu, paling tidak Anda bisa memprediksi kemungkinan-kemungkinan di masa depan, dan jika perubahan terjadi sekalipun, Anda akan lebih siap menghadapinya… Semoga!

UPDATE :

Materi ujian CPNS Pemkab Sleman tahun 2009 :

a. Tes Bakat Skolastik
b. Tes Pengetahuan Umum, meliputi bidang : Ideologi (Pancasila, UUD 1945) Politik (Sistem Adm.Negara RI, Pemerintahan Daerah, Politik Luar Negeri)  Ekonomi (Teori Ekonomi, Sistem Ekonomi Indonesia)
 Sosial Budaya (Sejarah, Pluralisme) Hankam (Wawasan Nusantara, Sistem Hankam) Hukum (Teori Hukum, HAM, Pengaturan Demokrasi)
c. Tes Pengetahuan Bahasa Inggris dan Teknologi Informasi
(sumber : website pemkab Sleman)

 

3 tanggapan untuk “Prediksi Soal CPNS 2009

Komentar ditutup.