KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik link dibawah.
2. MATEMATIKA SD/MI
NO. | KOMPETENSI |
INDIKATOR |
1. |
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari | Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah. |
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah. | ||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat. | ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan. | ||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan. | ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya. | ||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya. | ||
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya. | ||
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat menentukan FPB atau KPK-nya. | ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK. | ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB. | ||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua. | ||
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga. | ||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga. | ||
2. |
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari | Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita sederhana. |
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum. | ||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas. | ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu. | ||
3. |
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari | Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya. |
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan. | ||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk). | ||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan. | ||
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang. | ||
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya. | ||
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana. | ||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran). | ||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volum kubus atau balok. | ||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui. | ||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui. | ||
4. |
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah | Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik. |
5. |
Memahami konsep pengumpulan data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari | Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll). |
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu). | ||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel. | ||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran. | ||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data). | ||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data). | ||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang. | ||
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan. | ||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita. | ||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan. |
Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini
————
sumber : BSNP
Artikel Terkait :
- Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA Tahun Pelajaran 2011/2012
- Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Matematika Tahun Pelajaran 2011/2012
- Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2011/2012
- Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2012
Posting ini terkait dengan istilah mesin pencari sebagai berikut :
makasih banyak Mas…..
sangat membantu,
Sama-sama… siplah
trims, izin download yaa….
IZIN DOWNLOAD YA
silahkan…
ini benarkah mas, kisi-kisi nya,.???
ya benar 🙂
klo soal’a ada gak?
hehehe
ini kan kisi-kisi bukan soal to mba’e
:55
iiya yaa ,Coba Adha soall nya lngsunggggg………
hahhaaiiiiii!!!! ithu sihc nilai kta 100
hahahhhaaiiiiiiiiiiiii
ini bnr kisi2 un sd tahun 2012??
Thanks,,,hidup pendidikan!!!! Indonesia
akhirnya ane dpet kisi”x
insya allah aku lulus un
amieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnn
aminnnnnnn…
amieeen aq dapat kisi** un matematika
ya allah semoga KITHA semuwa lulus 100%
amienn
by shobrina
Sabrina : AMIN
ini kisi kisi un 2012 kan..??
bkn, ya eyalah
smoga ,,,… sy dpt mengikuti sran yg ada
mkasih ya…
sama-sama, sukses ya besok!
thank’s yah dah ngasih tau kisi-kisi nyea!!!!?
Thanks ya mas…………… GBU
sip 🙂