Kisi-Kisi (SKL) Ujian Tulis USBN PAI SD Tahun 2012

usbn-pai-sd-2012-2

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 NO.  STANDAR KOMPETENSI  KEMAMPUAN YANG DIUJI  INDIKATOR  NO. SOAL
1. Menyebutkan, hafal, dan mengartikan Surat-surat pendek dalam Al Quran, mulai Surat Al Fatihah sampai Surat Al ‘Alaq. Mengartikan QS Al Hujurat ayat 13 Disajikan Surat Al Hujrat ayat 13 dan artinya, peserta didik dapat menentukan isi pokok yang terkandung pada surat tersebut. 1
Mengartikan QS Al Maidah ayat 3 dengan benar Disajikan kutipan surat Al Maidah ayat 3 (wahyu terakhir), peserta didik dapat melengkapi arti nya dengan sempurna 2
Mengartikan QS Al Kausar dengan benar Disajikan salah satu ayat dari Surat Al Kausar, peserta didik dapat menentukan artinya dengan tepat 3
Membaca QS Al Fatihah dengan lancar Disajikan 4 ayat dari beberapa surat Al Quran, peserta didik dapat menentukan ayat dari surat Al Fatihah 4
Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun Disajikan salah satu ayat surat Al Lahab peserta didik dapat menunjukkan artinya 5
Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun Disajikan salah satu ayat dari surat Al Kafirun, peserta didik dapat menentukan lanjutan satu ayat berikutnya dengan tepat 6
Membaca QS Al Ikhlas dengan lancar Disajikan beberapa ayat dari surat-surat Al- Quran, peserta didik dapat menentukan ayat dari surat Al Ikhlas 7
Membaca QS An Nashr dengan lancar Disajikan kutipan Surat An Nashr secara lengakap, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan pada kalimat yang diberi garis bawah 8
Membaca QS Al Qadr dan QS Al ‘Alaq ayat 1-5 Disajikan beberapa ayat dari Surat Al Qadar dan Al ‘Alaq peserta didik menentukan ayat dari Surat Al ‘Alaq 9
Disajikan salah satu ayat dari Surat Al Qadar, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan lafal yang diberi garis bawah 10
Mengartikan QS Al Ma’un dengan benar Disajikan salah satu ayat dari Surat Al- Ma’un, pesertadidik dapat menentukan arti ayat tersebut. 11
Membaca QS Al Fil dengan lancar Disajikan beberapa ayat dari Surat Al Fil dan Al Ma’un, peserta didik dapat menentukan ayat surat Al Fil  12
2. Mengenal dan me- yakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadha dan qadar Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar Disajikan kisah tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar dalam meyakini dan menerima Qadha dan Qadar Allah SWT.  13
Menyebutkan nama- nama hari akhir Disajikan beberapa nama hari akhir, peserta didik dapat menentukan nama hari akhir yang telah ditentukan artinya 14
Menyebutkan nama – nama malaikat dan tugasnya Disajikan narasi tentang tugas-tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan tugas malaikat dengan benar 15
Menjelaskan fungsi Al Quran sebagai kitab suci terakhir Disajikan nama-nama kitab suci Allah SWT yang diturunkan kepada para rasul, siswa dapat menjelaskan Fungsi Al Quran sebagai kitab suci terakhir 16
Menunjukkan contoh- contoh qadha dan qadar Disajikan beberapa contoh kejadian dalam kehidupan manusia, peserta didik dapat menentukan contoh Qadha dengan tepat 17
Disajikan narasi tentang kisah kehidupan manusia, peserta didik dapat memilih contoh kejadian yang sesuai dengan Qadha 18
Menyebutkan sifat Jaiz Allah SWT Disajikan narasi tentang sifat Jaiz Allah SWT, peserta didik dapat menjelaskan pengertian sifat Jaiz Allah SWT 19
Menyebutkan nama-nama rasul yang menerima Kitab Allah SWT. Ditampilkan nama-nama rasul dan kitab melalui tabel yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi. 20
Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT. Disajikan kisah tentang suatu peristiwa, peserta didik dapat menentukan nama rasul yang sesuai dengan peristiwa tersebut. 21
Menjelaskan tanda-tanda hari akhir. Disajikan narasi tentang suatu peristiwa, peserta didik dapat menentukan tanda-tanda hari akhir yang sesuai dengan peristiwa tersebut. 22
3. Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang- orang tercela dalam kehidupan nabi Menceritakan kisah peri- laku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW. Disajikan cuplikan kisah Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat menyebutkan orang yang membimbing Nabi Muhammad SAW. 23
Disajikan cuplikan kisah Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat memilih nama salah seorang keluarga Nabi Muhammad SAW. 24
Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS. Disajikan kisah Nabi Ibrahim AS, peserta didik dapat menentukan hikmah yang berhubungan dengan sikap sosial. 25
Menceritakan kisah Nabi Nuh AS. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan kejadian pada masa Nabi Nuh AS. 26
Menceritakan kisah Nabi Musa AS. Disajikan beberapa kisah, peserta didik dapat menentukan kejadian pada masa nabi Musa AS. 27
Menceritakan kisah khali- fah Umar bin Khatab. Disajikan kisah khalifah Umar bin Khatab RA, peserta didik dapat menentukan sifat terpuji. 28
Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal. Disajikan narasi, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW. 29
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Disajikan cerita, peserta didik dapat menyimpulkan perjuangan kaum muhajirin dan anshar yang berkaitan karakter sosial. 30
4. Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW. Disajikan kisah nabi Muhammad SAW pada masa kanak-kanak, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji. 31
Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik. Disajikan narasi tentang kegigihan perjuangan kaum Muhajirin, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji. 32
Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik. Disajikan narasi tentang perilaku kaum Anshar, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji. 33
Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal. Disajikan narasi tentang kehidupan sehari- hari, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku dengki. 34
Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab. Disajikan kasus dalam kehidupan sehari- hari, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku bohong. 35
Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS. Disajikan sebuah kasus tentang perilaku perbuatan taubat sesesorang, peserta didik dapat menentukan sikap taubat yang revelan dengan perilaku tersebut. 36
Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS. Disajikan cerita tentang perilaku kehidupan Nabi Ibrahim AS, peserta didik dapat menunjukkan perilaku terpuji yang sesuai dengan cerita tersebut. 37
Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS. Disajikan cerita tentang ketabahan Nabi Ayyub AS, peserta didik dapat menunjuk-kan perilaku yang dapat diteladani. 38
5. Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji Menyebutkan rukun salat. Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat menunjukkan rukun shalat. 39
Membaca do ’a setelah salat. Disajikan lafadz doa setelah salat yang belum lengkap,peserta didik dapat melengkapi. 40
Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat. Disajikan beberapa ketentuan shalat, peserta didik dapat mengindentifikasi syarat wajib shalat. 41
Menyebutkan ketentuan- ketentuan puasa Rama- dan. Disajikan beberapa ketentuan puasa, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun puasa. 42
Menyebutkan hikmah puasa. Disajikan melalui narasi tentang puasa, peserta didik dapat menentukan salah satu hikmah puasa. 43
Melafalkan lafal adzan dan iqomah. Disajikan salah salah satu lafal iqomah, peserta didik dapat mengartikannya. 44
Disajikan lafal adzan yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapinya. 45
Melaksanakan tarawih dibulan ramadhan. Disajikan narasi tentang shalat tarawih, peserta didik dapat menentukan waktu melaksanakan shalat tarawih. 46
Disajikan nama-nama salat sunah,peserta didik dapat menetukan nama salat pada malam bulan Ramadhan. 47
Menyebutkan macam- macam zakat. Disajikan narasi tentang seseorang yang mempunyai kekayaan yang banyak, peserta didik dapat menentukan macam-macamm zakat yang harus dibayarkan. 48
Menyebutkan ketentuan zakat. Disajikan narasi tentang satu keluarga yang mempunyai beberapa anggota, peserta didik dapat menentukan jumlah zakat yang harus dibayarkan. 49
Disajikan narasi tentang seseorang yang mempunyai emas, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan zakatnya. 50

————-

Sumber : USBN PAI

About these ads

11 Tanggapan

  1. Makasih bnget tulisane. Ni yg lg saya cari

  2. THX Yaa

  3. TERIMAKASIH ATAS BANTUANNYA KISI-KISI YANG KAMI CARI

  4. Jazakumullah, matursuwuun banget, mau ngetik kisi-kisi dari tampilan PDF nggak jadi, ternyata ada yang berbuat baik duluan… makacih yaaa.

  5. Jazakumullaahu khairo atas bantuannya, smoga bermanfa’at bagi kita semua, amin.

  6. Good! SKL USBN PAI ini sangat membantu saya untuk menghadapi USBN minggu depan. Setelah saya cocokkan, ternyata sama persis di buku latihan USBN saya! Alhamdullillah, untung ada gusschool yg selalu menyajikan kisi-kisi yg akurat! Terima kasih!

  7. saya suka pic anda http://bit.ly/HNbekr

  8. terimakasih banyak infonya..ini yang saya cari..!!

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 237 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: