Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA Tahun Pelajaran 2011/2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI

Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA  Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini

3.  ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)  SD/MI

NO. KOMPETENSI

INDIKATOR

1.

Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya. Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka

2.

Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan

3.

Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan

4.

Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu

5.

Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia

6.

Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa

7.

Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari. Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung

8.

Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.

9.

Memahami sistem tata surya bagi kehidupan. Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.

Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SD/MI IPA  Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini

————————–
Sumber : BSNP

Tulisan Terkait :

About these ads

10 Tanggapan

  1. contoh soalnya dimana klo ingin dapat

  2. makasih skl yang di uplod, saya cari-cari skl SD 2012, sekali lagi makasih

  3. Hmm. . . Bagus jga SKL’nya, I LIKE IT! Nie tuh bisa membantuku mempelajari SKL UASBN IPA,, karna sampe sekarang buku Detik-Detik UASBN yg kucari blm beredar di wilayahku. . .

  4. thanks a lot….

  5. aaaaaa……
    ngak perlu…
    aku udh punya detik-detik un kog

  6. trim’s ya,,

  7. soalnya mana ???????????????????????
    gimana mau belajar , soalnya aja gx ada !!!!!!!!!!!!!!!!!!!\

  8. iya nich kagak ada soal nya!!!!!!!!

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 236 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: