KISI–KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Tahun Pelajaran 2011/2012
Jenis Ujian : Praktik
Tingkat : Sekolah Dasar (SD)
Ujian praktik merupakan salah satu dari tiga aspek Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI), aspek yang lain adalah ujian tulis dan akhlak mulia. Ujian praktik dilaksanakan dengan maksud mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi amaliah PAI.
Adapun aspek yang diujikan adalah Al Qur’an dan Fiqh. Bidang yang diujikan pada aspek Al Qur’an meliputi membaca, menghafal, dan mengartikan. Sedangkan pada aspek Fiqh meliputi berwudhu dan shalat.
MATERI UJIAN PRAKTIK
1. Aspek Al Quran
Standar Kompetensi : Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al Quran, mulai surat Al Fatihah sampai surat Al ‘Alaq.
Kemampuan yang Diuji : Membaca, menghafal, dan mengartikan Al Qur’an dalam surat-surat pendek pilihan mulai surat Al Fatihah sampai surat Al ‘Alaq.
Indikator : Peserta didik dapat membaca, menghafal, dan mengartikan surat-surat pendek pilihan dalam Al Qur’an mulai surat Al Fatihah sampai surat Al ‘Alaq.
Soal
1.1 Membaca
Membaca surah-surah Al Qur’an di bawah ini !
a. Surah Al-Fatihah
b. Surah Al-Kafirun
c. Surah Al-Qadar
Aspek yang dinilai : tajwid dan kelancaran membaca.
1.2 Menghafal
Melafalkan/menghafal surah-surah al Qur ’an di bawah ini !
a. Surah Al-Ikhlas
b. Surah Al-Lahab
c. Surah Al-Kafirun
d. Surah Al-Maun
e. Surah Al-Qadar
Aspek yang dinilai : kelancaran dalam menghafal dan tajwid.
1.3 Mengartikan
Mengartikan ayat-ayat pilihan dalam surah al Qur ’an di bawah ini !
a. Surah Al-Fatihah
b. Surah Al-Ikhlas
c. Surah Al-Kafirun
d. Surah Al-Maun
e. Surah Al-Qadar
f. Surah Al-‘Alaq (1-5)
Aspek yang dinilai : ketepatan dalam mengartikan.
2. Aspek Fiqh
Standar Kompetensi :
Mengenal dan melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji.
Kemampuan yang Diuji :
Melaksanakan wudhu dan shalat dengan benar.
Indikator :
1. Peserta didik dapat mempraktikkan wudhu dengan benar.
2. Peserta didik dapat mempraktikkan shalat dengan benar.
Soal
1.1 Wudhu
Praktikkan wudhu dengan benar.
Aspek yang dinilai : niat, tata cara, tertib, dan do’a setelah berwudlu.
1.2 Shalat
Praktikkan salah satu shalat wajib dengan benar.
Aspek yang dinilai : bacaan, gerakan, keserasian bacaan dan gerakan, tuma’ninah
————————-
Sumber : USBN PAI
Syukron katsir atas informasinya, mudah-mudahan prediksi ini dapat membantu guru-guru lain yang membutuhkannya, amin.
terimakasih mudah-mudahan ini semua dapat membantu para guru amin..