Kisi-Kisi (SKL) Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013

Berikut saya sajikan Kisi-kisi (SKL) Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013 ( Tahun pelajaran 2012/2013), untuk mengunduhnya silahkan klik disini. Semoga bermanfaat.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA Program IPS (Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi) Tahun 2013

1. EKONOMI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen,  permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar. Mendeskripsikan kebutuhan manusia, kelangkaan, atau masalah pokok ekonomi.
Mendeskripsikan biaya peluang (hilangnya kesempatan pada tenaga kerja) atau sistem ekonomi.
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen  dalam mencapai kepuasan maksimal dan pola perilaku produsen dalam mencapai laba/output maksimal, atau peran konsumen dan produsen
Mendeskripsikan pelaku ekonomi atau interaksinya dalam suatu perekonomian (circular flow diagram)
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran atau harga dan jumlah keseimbangan dengan tabel, grafik, atau perhitungan matematika.
Mendeskripsikan pasar barang (pasar output) atau pasar faktor produksi (pasar input).
2. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan perbankan. Mendeskripsikan ekonomi mikro dan ekonomi makro atau masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
Mendeskripsikan konsep PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstan, pendapatan nasional, atau pendapatan perkapita
Mendeskripsikan indeks harga atau inflasi berdasarkan data atau grafik
Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan atau investasi berdasarkan data, atau grafik
Mendeskripsikan konsep dan teori uang, perbankan, atau kebijakan pemerintah di bidang moneter.
3. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, serta mengenal pasar modal.. Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, pengangguran atau dampaknya berdasarkan data atau grafik
Mendeskripsikan APBN dan APBD, kebijakan pemerintah di bidang fiskal, sumber-sumber penerimaan atau pengeluaran pemerintah.
Mendeskripsikan bursa efek atau mekanisme kerja bursa efek
Mendeskripsikan perdagangan internasional valuta asing, neraca pembayaran atau devisa
4. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa. Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi, persamaan akuntansi atau mencatat mekanisme debit dan kredit.
Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum atau buku besar berdasarkan transaksi/dokumen.
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan jasa.
Membuat laporan keuangan perusahaan jasa.
5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang. Mencatat jurnal khusus, buku besar utama, atau buku besar pembantu perusahaan dagang.
Menghitung harga pokok penjualan berdasarkan data
Membuat jurnal penyesuaian dan atau kertas kerja perusahaan dagang.
Mendeskripsikan laporan keuangan serta perhitungannya
Mencatat jurnal penutup, posting ke jurnal penutup ke buku besar atau neraca saldo setelah penutupan
6. Memahami manajemen, badan usaha dalam perekonomian nasional, pengelolaan koperasi, dan kewirausahaan. Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha.
Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi, koperasi sekolah atau menghitung pembagian sisa hasil usaha berdasarkan data.
Mendeskripsikan ciri-ciri, jiwa atau peran wirausaha.

2. SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai kajian hubungan masyarakat. Mendeskripsikan obyek kajian, kegunaan, metode atau ciri-ciri ilmu sosiologi.
Menjelaskan permasalahan sosial atau pemecahan masalah sosial.
2. Mendeskripsikan nilai, norma, dan sosialisasi. Mengidentifikasi jenis/fungsi nilai atau norma sosial.
Menjelaskan keteraturan sosial dalam masyarakat.
Menjelaskan tahapan/fungsi/tujuan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
Mengidentifikasi berbagai bentuk media sosialisasi.
3. Mendeskripsikan interaksi sosial dan bentuk-bentuknya. Menjelaskan terjadinya interaksi atau faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
Mengidentifikasi berbagai jenis interaksi sosial.
4. Mendeskripsikan penyimpangan dan pengendalian sosial. Menjelaskan sebab terjadinya perilaku menyimpang.
Mengidentifikasi berbagai jenis perilaku menyimpang.
Menjelaskan fungsi dan tujuan pengendalian sosial
Mengindentifikasi pengendalian sosial melalui berbagai jenis lembaga pengendalian sosial.
5. Menganalisis struktur sosial, konflik sosial dan mobilitas sosial. Menjelaskan  bentuk struktur sosial dalam masyarakat.
Mengidentifikasi ciri struktur sosial dalam tahap perkembangan masyarakat.
Menjelaskan sebab atau akibat terjadinya konflik sosial.
Menjelaskan proses sosial dalam penyelesaian konflik.
Mengidentifikasi berbagai sifat/bentuk/faktor pendorong/faktor penghambat mobilitas sosial.
Menjelaskan saluran/cara/akibat dari mobilitas sosial.
6. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. Menjelaskan pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat.
Mengidentifikasi ciri atau bentuk masyarakat multikultural.
Menjelaskan hubungan struktur sosial multikultural dengan dinamika sosial masyarakat.
Menjelaskan latar belakang terbentuknya masyarakat multikultural atau pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan masyarakat multikultural.
7. Mendeskripsikan perubahan sosial dan dampaknya. Mengidentifikasi jenis atau bentuk perubahan sosial.
Menjelaskan dampak positif atau dampak negatif perubahan sosial.
Mengidentifikasi faktor pendorong/penghambat/sebab perubahan.
8. Menjelaskan lembaga sosial. Menjelaskan hakikat, ciri-ciri, atau fungsi lembaga sosial dalam masyarakat.
9. Mendeskripsikan penelitian sosial. Menjelaskan jenis penelitian dan pendekatan  dalam penelitian sosial.
Mendeskripsikan manfaat hasil penelitian sosial

3. GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi. Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar, aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.
2. Menganalisis sejarah pembentukanBumi, Tatasurya, dan Jagadraya. Mendeskripsikan proses pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.
Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadraya.
3. Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia. Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna sebagai potensi pendukung kehidupan.
Mendeskripsikan fenomena kependudukan.
4. Mendeskripsikan sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia. Mengidentifikasi sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek geografi.
Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam secara arif.
5. Mendeskripsikan pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.
Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan.
6. Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer. Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.
Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk.
7. Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer. Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh dan pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.
Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.
8. Mendeskripsikan wilayah dan pewilayahan di dunia. Membedakan pola keruangan dan interaksi desa- desa, desa-kota, dan kota-kota.
Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitan dengan pembangunan.
Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju.

——————–

sumber: BSNP

About these ads

Satu Tanggapan

  1. [...] Kisi-Kisi (SKL) Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013 [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 237 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: