Kisi-kisi (SKL) Fisika, Kimia, dan Biologi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013

Berikut saya sajikan Kisi-kisi (SKL) Fisika, Kimia, dan Biologi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013 ( Tahun pelajaran 2012/2013), untuk mengunduhnya silahkan klik disini. Semoga bermanfaat.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA Program IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi) Tahun 2013

1. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Memahami prinsip-prinsip mengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif. Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
Menentukan resultan vektor dengan berbagai cara.
2. Memahami gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida. Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum.
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik atau fluida dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya pada mesin kalor. Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor atau asas Black dalam pemecahan masalah.
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor.
4. Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang.
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi.
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda.
5. Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah. Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian kapasitor.
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.
Menentukan arah dan besar gaya magnetik (gayaLorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan

listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.

Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGLinduksi atau prinsip kerja transformator.
Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
6. Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan berbagai teori atom.
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas.
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
Menjelaskan macam-macam zat radioaktif atau pemanfaatannya

 2. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Mendeskripsikan struktur atom, sistim periodik unsur dan ikatan kimia untuk mendeskripsikan struktur molekul, sifat-sifat unsur dan senyawa. Menentukan  notasi unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan kimia, rumus molekul, bentuk molekul dan sifat senyawa yang dapat dihasilkannya, serta letak unsur dalam tabel periodik.
Mendeskripsikan jenis ikatan kimia atau gaya antarmolekul dan sifat-sifatnya.
2. Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia. Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia.
Menjelaskan persamaan suatu reaksi kimia .
3. Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya. Mendeskripsikan daya hantar listrik.
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
Menjelaskan titrasi asam basa
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga.
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya.
4. Mendeskripsikan senyawa organik dan makro melekul Mendeskripsikan struktur senyawa  Benzene dan turunannya, serta kegunaannya.
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk identifikasi, reaksi  dan kegunaannya.
Mendeskripsikan makromolekul (Karbohidrat, Protein, Polimer)  dan kegunaannya
5. Mendeskripsikan perubahan energi, cara pengukuran dan penerapannya. Menseskripsikan  reaksi eksoterm dan reaksi endoterm.
Menentukan kalor reaksi.
6. Mendeskripsikan kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri. Menentukan laju reaksi.
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat memengaruhi kinetika suatu reaksi dan kesetimbangannya
Menentukan Kc/Kp.
7. Mendeskripsikan reaksi oksidasi- reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.
Mendeskripsikan diagram sel.
Mengaplikasikan hukum faraday.
Mendeskripsikan fenomena korosi dan pencegahannya
8. Mendeskripsikan unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya. Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di alam termasuk unsur radioaktif.
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur-unsur penting  dan kegunaannya.

3. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah. Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
2. Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya. Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria danEubacteria bagi kehidupan manusia.
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran  kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata.
3. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem. Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
4. Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan. Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.
5. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut. Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.
Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
6. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhandan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
7. Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis. Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis)pada tumbuhan.
Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.
8. Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas dan peristiwa mutasi. Menjelaskan  susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
Menjelaskan proses sintesis protein.
Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukumMendel.
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
Menjelaskan  peristiwa mutasi.
9. Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains. Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada  evolusi.
10. Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi konvensional/ modern.
Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.

——————-

sumber: BSNP

About these ads

6 Tanggapan

  1. [...] Kisi-kisi (SKL) Fisika, Kimia, dan Biologi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2013 [...]

  2. terima kasih infonya …

  3. ikut download kisi-kisinya, terimakasih banyak.

  4. ini buat UN 2013 yg 20 paket kn??
    klo gtu sya akan plajari dri sini..
    trima kasih yha bwt infonya..

  5. terimakasih atas infonya..
    kalo yg UN 2014 ada yang ganti gak ya…??

  6. terimakasih,
    kami mohon dibantu untuk kisi kisi ujian sma di tahun ini, karena pasti akan sangat membantu untuk mengetahui kira kira apa saja yang akan keluar nantinya dan bisa belajar lebih fokus
    thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 227 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: