Kisi-Kisi (SKL) Ujian Tulis USBN PAI SMP Tahun 2012

usbn-smp-2012-2

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NO. STANDAR KOMPETENSI KEMAMPUAN YANG DIUJI

INDIKATOR

NO. SOAL

1.

Menerapkan tata cara membaca al Quran menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sam- pai kepada menerap- kan hukum bacaan mad dan waqaf. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat al Quran. Disajikan tabel tentang hukum nun mati/ tanwin dan contoh bacaannya, peserta didik dapat menentukan pasangannya.

1

Peserta didik dapat menentukan contoh hukum bacaan mim mati.

2

Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat al Quran. Ditampilkan ayat al Quran yang mengandung bacaan qalqalah, peserta didik dapat mengklasifikasi jenis hukum bacaan qalqalah.

3

Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat al Quran. Disajikan ayat al Quran yang mengandung hukum bacaan mad, peserta didik dapat menentukan nama hukum bacaan mad.

4

Disajikan ayat al Quran yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menentukan nama waqaf.

5

Menyebutkan arti QS. al Tin. Disajikan tabel yang berisi potongan ayat dan arti surat al Tin, peserta didik dapat menentukan pasangannya.

6

Membaca  dan  menjelaskan makna QS. al Tin. Ditampilkan salah satu ayat pada surat al Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungannya.

7

Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al Al Hadits Ditampilkan al Hadits tentang menuntut ilmu, peserta didik dapat menjelaskan maknanya.

8

Menampilkan bacaan QS. al Insyirah. Ditampilkan ayat-ayat QS. al Insyirah secara acak, peserta didik   dapat menyusunnya dengan benar.

9

Mempraktikkan perilaku dalam bekerja seperti yang terkandung dalam QS. al Insyirah Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan sikap terpuji dalam bekerja seperti yang terkandung dalam surat al Insyirah.

10

2.

Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai iman kepada qadha dan qadar serta asmaul husna. Menyebutkan arti ayat-ayat   Al Quran yang berkaitan dengan dengan sifat-sifat Allah SWT. Ditampilkan ayat Al Quran tentang sifat wajib Allah SWT, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah pada ayat tersebut.

11

Menjelaskan arti beriman kepada malaikat Dipaparkan ilustrasi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memilih perilaku yang mencerminkan perilaku beriman kepada malaikat.

12

Menampilkan sikap mencintai al Quran sebagai kitab Allah. Disajikan beberapa perilaku terhadap al Quran, peserta didik dapat mengkate- gorikan perilaku mencintai Al Quran.

13

Menjelaskan pengertian beriman kepada rasul Allah. Ditampilkan beberapa perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang mencer- minkan beriman kepada rasul.

14

Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW. Ditampilkan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menjelaskan sifat wajib bagi rasul yang terkandung dalam kisah tersebut.

15

Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir. Disajikan wacana kejadian pada hari akhir, peserta didik dapat menentukan istilah hari akhir.

16

Menyebutkan ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan hari akhir. Disajikan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menyebutkan ayat al Quran yang berkaitan dengan hari akhir.

17

Menceritakan proses keja- dian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al Quran dan al Hadis. Ditampilkan ayat al Quran atau al Hadits tentang proses hari kiamat, peserta didik dapat menyimpul-kan isi kandungan ayat tersebut.

18

Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar . Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.

19

Menyebutkan contoh- contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari- hari. Disajikan wacana tentang peristiwa dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh qadha dan qadar.

20

Menyebutkan ayat-ayat al Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar. Ditampilkan beberapa ayat al Quran, peserta didik dapat menentukan ayat yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

21

 3.

Menjelaskan dan membiasakan peri- laku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah. Menerapkan perilaku terpuji  (tawadu, taat, atau sabar) dalam kehidupan sehari-hari. Dideskripsikan cerita tentang perilaku sehari- hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku terpuji (tawadu, taat, atau sabar).

22

Menerapkan perilaku terpuji  (kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan beberapa contoh perilaku sehari- hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan contoh perilaku terpuji (kerja keras, ulet, tekun atau teliti).

23

Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan ta- wakal) dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri perilaku terpuji (zuhud atau tawakal).

24

Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku ter- cela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari. Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah atau namimah), peserta didik dapat menentukan sikap cara menghindarinya.

25

Menerapkan adab makan dan minum dalam ke- hidupan sehari-hari. Disajikan kasus tentang perilaku makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum

26

Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam ke- hidupan sehari-hari. Disajikan ayat Al Quran atau hadis rasulullah tentang perilaku tercela (dendam atau munafiq), peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.

27

Menampilkan contoh peri- laku qana’ah dan tasamuh dalam kehidup-an sehari- hari. Ditampilkan beberapa pernyataan tentang manfaat dari perilaku terpuji, peserta didik dapat mengklasifikasikan manfaat perilaku qanaah.

28

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan contoh-contoh perilaku tasamuh.

29

Disajikan sebuah kasus tentang hubungan antar umat beragama, peserta didik dapat menentukan sikap tasamuh yang tepat.

30

Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan ayat al Quran atau al Hadits tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menyimpulkan kandungannya.

31

Ditampilkan ilustrasi perilaku sehari-hari yang mengandung sikap tercela (takabur), peserta didik dapat menentukan sikap untuk menghindarinya.

32

4.

Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfa-rid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat. Menjelaskan ketentuan mandi wajib. Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik  dapat menunjukkan sebab-sebab mandi wajib.

33

Menjelaskan ketentuan- ketentuan shalat Jumat. Ditampilkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan ibadah shalat Jumat, peserta didik dapat mengklasifikasikan rukun khutbah.

34

Menerapkan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah. Ditampilkan   ilustrasi   dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut.

35

Menyebutkan pengertian dan   ketentuan shalat sunnat. Disajikan suatu kasus, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis shalat sunnat yang relevan.

36

Ditampilkan beberapa pernyataan tentang cara melaksanakan shalat sunah, peserta didik dapat menunjukan nama shalat sunat yang dimaksud.

37

5.

Memahami zakat Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal. Disajikan kondisi sebuah keluarga, peserta didik dapat menentukan besarnya zakat yang harus dikeluarkan.

38

6.

Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber makanan Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan. Ditampilkan beberapa gambar ciri-ciri hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan yang diharamkan.

39

Menerapkan tatacara penyembelihan hewan. Peserta didik dapat menunjukkan tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam

40

7.

Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah. Disajikan deskripsi   suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut.

41

Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah.

42

8.

Memahami dan me- neladani sejarah Nabi Muhammad dan para sahabat serta mence- ritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara. Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW. Disajikan peristiwa pada masa Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat menunjukkan lokasi peristiwa tersebut pada peta.

43

Menjelaskan misi Nabi Muham-mad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat. Disajikan kisah kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW., peserta didik dapat mengidentifikasi akhlak terpuji yang terkandung di dalamnya.

44

Menceritakan sejarah Nabi Mu-hammad SAW dalam membangun ma- syarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagang- an Peserta didik mampu mengidentifikasi kegiatan wirausaha yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat Madinah.

45

Menceritakan sejarah per- tumbuhan ilmu penge- tahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam. Disajikan ilustrasi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam, peserta didik dapat menunjukkan peran aktif khalifah pada masa tersebut.

46

Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui perda- gangan, sosial, dan pengajaran. Disajikan deskripsi suatu peristiwa, peserta didik dapat mengidentifikasi cara masuknya Islam di Nusantara (perdagangan, sosial, atau pegajaran).

47

Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi Dideskripsikan perjuangan sebuah kerajaan Islam dalam melawan penjajah, peserta didik mampu meng-identifikasi kerajaan yang dimaksud.

48

Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam Disajikan deskripsi seni budaya, peserta didik dapat menyimpulkan seni budaya lokal yang bernuansa Islam

49

Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upa- cara adat kesukuan Nusan- tara. Disajikan deskripsi suatu tradisi atau upacara adat kesukuan di Indonesia, peserta didik mampu menentukan tradisi atau upacara yang dimaksud.

50

——————–
Sumber : USBN PAI

About these ads

27 Tanggapan

  1. hmm……. cuman itu kisi-kisinya?????

  2. Assalamu’alaikum..
    thanks ya atas kisi”nya, :)
    itu sangat membantu.

  3. Adakah kisi kisi lengkap dengan butir soalnya,

  4. apakah enggak bisa di download kisi2 pai itu,,,!!!

  5. wah ini yang saya butuhkan senin ada TDS dan kisi-kisi agama belum didapat . makasih banget :)

  6. wahh..
    mantap,,
    besok senin US agam nih..
    sepp..

  7. [...] Ujian Sekolah sudah semakin dekat. Di Tempat kami, SMP 1 Warungasem, UASBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) akan dilaksanakan mulai 26 Maret 2012. Berikut ini saya unggah soal PAI UASBN sebagai latihan (Try Out). Soal Try Out USBN PAI SMP Tahun 2012 ini dapat dipergunakan sebagai soal latihan menghadapi USBN PAI SMP tahun 2012. Soal Try Out USBN PAI SMP Tahun 2012 ini disusun berdasarkan kisi-kisi USBN PAI SMP 2012. [...]

  8. makasih ya SKL nya sangat brguna bwt menghdapi UAS. . !

  9. ad kuncinya engak,Boz?

  10. ada kisi2 pelajarn yang lain g nich? Klo ada dimana?

  11. terimakasih ya

  12. kisi2 itu bener gak….??

  13. sumbernya dari buku apaan ajjh nih??

    coba dikasih keterangan dibuku apaan?? hal brp??

    • adik Musthaf, Buku sumber belajar SKL/Kisi-kisi adalah buku pelajaran PAI yang digunakan di sekolah, bisa ditambah dengan sumber lain yang relevan.

  14. ada gak yaw ureanNya?????

  15. ada ureanNya ????

  16. G AD KISI2 IPA????

  17. EM KISI2 IPA ADA KGAK

    • Ada kok, coba kamu search atau cari di kolom Cari dikanan atas halaman blog ini, atau lebih mudah kamu buka saja Daftar Posting di menu sebelah atas halaman ini… semua mapel UN dari SD-SMA tersedia SKLnya

  18. kasih tau donk soal dan jawabannya

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 236 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: