Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SMA/SMK Tahun Pelajaran 2010/2011
No. | Standar Kompetensi
Lulusan |
Kemampuan yang Diuji | Indikator Soal |
1.
|
Memahami ayat-ayat Al- Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demo- krasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. | Membaca QS Al-Baqarah : 30, Al-Mukmi- nun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi. | Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat tersebut. |
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al-Qur’an tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi,peserta didik dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat dalam ayat tersebut. | |||
Menyebutkan arti QS Al-Baqarah: 30, Al- Mukminun : 12-14, Az-Zariyat : 56 dan An Nahl : 78. yang menjelaskan tentang fungsi dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi. | Ditampilkan kutipan QS. Al-Mukminun: 14, peserta didik dapat mengartikan penggalan ayat yang digaris bawahi. | ||
Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al- Baqarah : 30, Al-Mukminun : 12-14, Az- Zariyat : 56 dan An Nahl : 78. | Ditampilkan wacana tentang manusia sebagai khalifah, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dalam kedudukannya sebagai khalifah di bumi. | ||
Membaca QS Ali Imran : 159 dan QS Asy Syura : 38 tentang demokrasi. | Ditampilkan kutipan QS. Ali-Imran: 159 yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi kutipan ayat tersebut. | ||
Menyebutkan arti QS Ali Imran 159 dan QS Asy Syura : 38 tentang demokrasi. | Ditampilkan kutipan QS. Asy-syura: 38, peserta didik dapat menjelaskan arti kutipan ayat yang digaris bawahi. | ||
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imran : 159, dan QS Asy Syura : 38 dalam kehidupan sehari-hari. | Ditampilkan wacana tentang pola kehidupan demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku demokrasi yang sesuai dengan QS. Ali Imran : 159 / QS. Asy-syura: 38. | ||
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164 yang menjelaskan ten- tang pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. | Ditampilkan kutipan QS. Yunus: 101, peserta didik dapat menunjukkan arti bacaan ayat yang digarisbawahi. | ||
Disajikan kutipan salah satu ayat tentang pengembangan Iptek, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat tersebut. | |||
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS Al-Baqarah : 164. | Ditampilkan wacana tentang pengembangan IPTEK berdasarkan QS. Yunus: 101, peserta didik dapat menentukan peran yang dapat dilakukan dalam mengembangkan IPTEK. | ||
2.
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna | Menjelaskan makna 10 sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna. | Peserta didik dapat mengemukakan arti salah satu sifat Allah SWT dalam Asmaul Husna. |
Ditampilkan beberapa Asmaul Husna beserta artinya secara acak , peserta didik dapat menjodohkan Asmaul Husna sesuai dengan artinya. | |||
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada malaikat. | Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat mengenali salah satu tanda beriman kepada Malaikat sesuai dengan kasus tersebut. | ||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Kitab- kitab Allah SWT. | Peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT. | ||
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT. | Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT. | ||
Peserta didik dapat mengenali contoh sikap beriman kepada Rasul-rasul yang berkaitan dengan HAM berdasarkan ilustrasi yang disajikan tentang kehidupan Rasulullah. | |||
Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir. | Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda datangnya Hari Akhir. | ||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir. | |||
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Hari Akhir. | |||
Menjelaskan hikmah beriman Kepada Qadha’ dan Qadar. | Peserta didik dapat mengemukakan tanda-tanda beriman kepada qadha’ dan qadar. | ||
Peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar. | |||
Peserta didik dapat menganalisis macam macam Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari. | |||
3. | Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah. | Menjelaskan tentang husnuzhan | Disajikan narasi tentang husnudzan, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang berhubungan dengan husnuzhan. |
Menganalisis contoh perilaku husnudzan terhadap sesama manusia. | Disajikan beberapa contoh tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali perilaku husnudzan terhadap sesama manusia. | ||
Menunjukkan tata-cara bertaubat. | Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku tercela yang dilakukan oleh seseorang, peserta didik dapat menunjukkan tatacara bertaubat secara tepat. | ||
Membiasakan diri untuk berperilaku taubat. | Peserta didik dapat mengidentifikasi kebiasaan berprilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menjelaskan manfaat raja. | Disajikan ilustrasi tentang kehidupan, peserta didik dapat menunjukkan manfaat raja. | ||
Menunjukkan contoh perilaku raja. | Disajikan narasi tentang perilaku manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku raja. | ||
Menjelaskan bahaya israf. | Disajikan narasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menunjukkan bahaya israf. | ||
Menunjukan cara menghindari tabzir. | Disajikan ilustrasi tentang perilaku tabdzir,peserta didik dapat menunjukan cara menghindari tabzir. | ||
Mengidentifikasi akibat perilaku fitnah. | Disajikan narasi tentang kebiasaan berperilaku fitnah, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat fitnah. | ||
4.
|
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam. | Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Qur’an, Al Hadits, Ijtihad dan hukum taklifi. | Disajikan wacana tentang tiga sumber hukum Islam, peserta didik dapat menunjukkan kedudukan salah satu sumber hukum tersebut. |
Disajikan wacana tentang masalah ijtihadi dalam masyarakat, peserta didik dapat menyimpulkan tentang pentingnya ijtihad sebagai salah satu sumber hukum Islam. | |||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari | |||
Menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam. | Disajikan sebuah ilustrasi tentang jual beli, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun jual beli. | ||
Peserta didik dapat menunjukkan contoh praktik riba dalam kehidupan sehari-hari. | |||
Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah. | |||
Menjelaskan ketentuan perkawinan dalam Islam. | Disajikan ilustrasi tentang pernikahan, peserta didik dapat menentukan hal-hal yang termasuk rukun nikah. | ||
Disajikan kasus tentang pernikahan, peserta didik dapat mengidentifikasi pernikahan yang dilarang. | |||
Ditampilkan contoh kasus tentang perceraian, peserta didik dapat menjelaskan ketentuan iddah. | |||
Menjelaskan ketentuaun perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. | Peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974. | ||
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris. | Peserta didik dapat menunjukkan sebab-sebab seseorang mendapat harta waris. | ||
Peserta didik dapat mengidentifikasi ahli waris dzawil furudh. | |||
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum waris. | Disajikan contoh kasus dalam hukum waris, wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing ahli waris. | ||
Menjelaskan hikmah hukum waris dalam Islam. | Peserta didik dapat menunjukkan hikmah waris. | ||
5. | Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia. | Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah. | Disajikan kisah singkat dakwah Nabi Muhammad SAW, peserta didik dapat menyimpulkan strategi da’wah yang digunakan oleh Rasululullah SAW. |
Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap toleransi Rasulullah dalam berda’wah. | |||
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia. | Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia. | ||
Peserta didik dapat menganalisis peran umat Islam dalam merebut kemerdekaan Indonesia. | |||
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia. | Peserta didik dapat mengenali bukti perkembangan Islam di dunia. |
Download Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SMA/SMK Tahun Pelajaran 2010/2011 :
- Kisi-kisi UASBN-PAI SMA/SMK Tahun 2011 bentuk file .doc
- Kisi-kisi UASBN-PAI SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2011 bentuk file .pdf
- Pos UASBN-PAI Tahun 2011 bentuk file .pdf
makasih banyak, bener2 membantu
lumyan
Apakah ini termasuk SKL ujian tingkat SMA di Sulawesi Tenggara???
SKL ini dikeluarkan oleh kementrian agama, mestinya berlaku secara nasional.
ini kan yang tahun 2011, yang 2012 nya?
ini dia yang tahun 2012 https://gusschool.wordpress.com/2012/01/11/pedoman-uasbn-pai-sd-smp-smasmk-tahun-pelajaran-20112012/